Implementasikan P5, SMPN 2 Meureubo Gelar Pentas Seni dan Panen Karya

ACEH BARAT, BERITA MERDEKA Online – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Meureubo Kabupaten Aceh Barat menggelar kegiatan panen karya dan pentas seni guna untuk meningkatkan sebuah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kepada peserta didik. Kegiatan ini dibuka oleh pengawas pembina Pembina Hj. Erlina, S.Pd, Rabu (22/5/2024) berlangsung di halaman sekolah setempat.

Kepala SMP Negeri 2 Meureubo Ibnu Abbas, S.Pd melalui wakil kesiswaan sekaligus ketua P5 Ramdani, S.Pd mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menggelar kegiatan panen karya dan pentas seni (Pensi), dengan menampilkan seluruh seni, kreatifitas siswa dan inovasi oleh peserta didik dari kelas VII – IX.

“Intinya kita merasakan panen karya ini hasil dari kongkrit dari sebuah projek p5 atau Projek penguatan profil pelajar pencasila jadi P5 itu merupakan ko-kurikuler dan 30 persen itu kita untuk laksanakan pemberian projek siswa-siswa kita,” kata Ramdani, S.Pd kepada awak media ini.

Ramdani berharap melalui kegiatan ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Meureubo mampu melahirkan bibit-bibit unggul yang disebut dengan beriman, Ketuhanan Maha Esa, Kebhinekaan, Mandiri.

“Kita harapkan agar anak-anak SMPN 2 Meureubo ini dapat unggul dalam kategori beriman, ketuhanan yang maha esa, kebhinekaan, bahkan kita harap juga siswa ini mandiri. Karena kita ingin menunjukan ke orang tua peserta didik bahwa anak-anaknya memiliki potensi dan memiliki peningkatan karakter anak didik,” harapnya.

Bukan hanya itu pihaknya juga mengadakan Pentas Seni (Pensi) guna untuk mengakomodir kreativitas siswa-siswi SMPN 2 Meureubo.

“Pentas seni ini juga kita berupaya untuk mengakomodir kreativitas siswa dalam tema merangsang kreativitas peserta didik yang menempuh pendidikan di SMPN 2 Meureubo” jelasnya.

Sementara itu Pengawas Pembina Hj. Erlina, S.Pd sangat mengapresiasi adanya kegiatan program kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Meureubo ini.

“Ini kegiatan yang sangat luar biasa yang dimana program yang diterapkan oleh SMP Negeri 2 Meureubo merupakan kurikulum merdeka untuk membentuk sebuah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” katanya.

Dirinya juga menerangkan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut siswa-siswi SMPN 2 Meureubo dapat berfikir kritis, mandiri melalui projek penguatan profil Pancasila.

“Nah ini di kurikulum merdeka ini, merupakan salah satu terobosan melanjutkan kurikulum sebelumnya. Selanjutnya penguatan karakter ini juga untuk mengembangkan karakter ini p5 dan dalam kesempatan ini juga, anak anak ini dapat menampilkan hasil projeknya masing-masing dan secara mandiri,” terangnya.

Lanjut, ia berharap setelah kegiatan ini semoga siswa-siswi SMPN 2 Meureubo melahirkan anak yang mandiri, taqwa, dan memiliki iman yang kuat kepada Allah SWT.

“Ini merupakan hasilnya yang dinamakan panen raya, nah itu sekaligus menampilkan seni yang digabung program sekolah lainnya, bahkan mendapat sambutan luar biasa dari orang tua murid, para dewan guru dan juga komite sekolah juga sangat mendukung adanya kegiatan ini karena dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas sesuai yang di harapkan semua orang tua,” tandasnya

Kegiatan Pentas Seni dan Panen Karya SMP Negeri 2 Meureubo berlangsung dalam suasana sederhana dan Meriah karena semua hasil karya dari siswa baik seni, kreativitas siswa dan inovasi ditampilkan dan turut dinilai oleh dewan juri, dan juga disediakan hadiah menarik yang hasil karya terbaik siswa.

Pada kesempatan tersebut, juga dipadukan pengantar tugas salah seorang guru yang pensiun (purna tugas) Aiyub Sami, S Ag. (Almanudar)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics