Ponpes Pancasila Bengkulu: Membentuk Generasi Berkualitas di Era Modern

Gubernur Rohidin Dorong Ponpes Pancasila Terus Bangun Kepercayaan Masyarakat

Gubernur Rohidin Dorong Ponpes Pancasila Terus Bangun Kepercayaan Masyarakat

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Ponpes Pancasila Bengkulu, yang merupakan pondok pesantren tertua di Provinsi Bengkulu, telah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang berkontribusi besar dalam pembangunan Bumi Rafflesia. Dalam era kemajuan zaman dan teknologi saat ini, Ponpes Pancasila diharapkan terus mampu membangun dan mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyampaikan harapan tersebut saat menghadiri Haflah Akhir Sanah Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berlangsung di Aula Serbaguna Ponpes Pancasila Bengkulu pada Sabtu, 18 Mei.

“Ponpes Pancasila memiliki letak yang strategis dan fasilitas yang memadai. Tantangan sekarang adalah bagaimana kita bisa terus membangun kepercayaan masyarakat agar ponpes ini menjadi institusi pendidikan yang berkualitas,” ujar Gubernur Rohidin.

Gubernur Bengkulu, yang merupakan lulusan terbaik dari UGM dan IPB, menekankan bahwa tugas jajaran Ponpes Pancasila selanjutnya adalah menciptakan rasa nyaman bagi para santri dan membuat orang tua merasa aman menitipkan anak-anak mereka di ponpes tersebut.

“Hal lain yang tidak kalah penting adalah membangun sinergi, baik dengan pemerintah, sektor perbankan, maupun lembaga swasta lainnya, agar ponpes ini dapat berkembang dengan lebih baik dan meningkatkan kemandirian yayasan,” tambah Gubernur Bengkulu.

Gubernur Rohidin Dorong Ponpes Pancasila Terus Bangun Kepercayaan Masyarakat

Ia menambahkan bahwa kemandirian tersebut bisa tercapai jika ada usaha produktif yang dilakukan oleh Yayasan Semarak, yang merupakan pengelola Ponpes Pancasila. “Mulailah memikirkan jenis usaha apa yang dapat dilakukan oleh yayasan ini supaya memiliki usaha yang produktif,” pungkasnya.

Direktur Ponpes Pancasila, Paimat Solihin, mengungkapkan bahwa sinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Salah satu buktinya adalah penyelesaian pembangunan Masjid Ponpes Pancasila yang dibantu dari dana hibah Pemprov Bengkulu tahun 2023 lalu.

“Terima kasih atas dukungan Pak Gubernur dan Pemprov Bengkulu untuk Ponpes Pancasila. Kami akan terus bersemangat meningkatkan mutu pendidikan. Ke depan, kami berencana tidak hanya mengembangkan pendidikan tingkat SMP/MTS dan SMA/MA, tetapi juga tingkat PAUD dan universitas,” ujar Paimat Solihin.

Pada Haflah Akhir Sanah Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, Ponpes Pancasila melepas 120 santri yang terdiri dari jenjang MTS dan MA. Para santri ini telah menempuh pendidikan yang mendalam dan komprehensif, yang tidak hanya fokus pada aspek akademis tetapi juga aspek moral dan spiritual.

Ponpes Pancasila memiliki komitmen kuat untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia. Dengan dukungan fasilitas yang lengkap dan lingkungan yang kondusif, ponpes ini berusaha memberikan pendidikan terbaik kepada para santri.

Membangun kepercayaan masyarakat adalah salah satu fokus utama Ponpes Pancasila. Keberhasilan ponpes ini dalam melahirkan tokoh-tokoh penting menunjukkan bahwa ponpes ini telah menjadi institusi pendidikan yang terpercaya. Oleh karena itu, pihak ponpes terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan mereka.

Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan sektor swasta, menjadi strategi penting dalam mengembangkan Ponpes Pancasila. Dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik, ponpes ini dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka tawarkan. Selain itu, dengan adanya usaha produktif dari Yayasan Semarak, ponpes ini dapat mencapai kemandirian yang lebih baik.

Ponpes Pancasila juga berencana mengembangkan pendidikan tingkat PAUD dan universitas. Langkah ini diambil untuk memberikan pendidikan yang lebih komprehensif dan berkelanjutan bagi masyarakat. Dengan adanya pendidikan dari tingkat dasar hingga tinggi, Ponpes Pancasila dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mencetak generasi yang berkualitas.

Haflah Akhir Sanah Tahun Pelajaran 2023/2024 menjadi momen penting bagi Ponpes Pancasila untuk merayakan pencapaian para santri dan melihat masa depan yang cerah. Acara ini juga menjadi ajang untuk memperkuat ikatan antara santri, orang tua, dan para pengajar, serta menegaskan komitmen ponpes dalam memberikan pendidikan yang terbaik.

Ke depan, Ponpes Pancasila diharapkan dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan. Dengan dukungan dari semua pihak, ponpes ini dapat menjadi lembaga pendidikan yang lebih maju dan berkualitas. Semoga Ponpes Pancasila terus berkembang dan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya di Indonesia.

Dengan demikian, Ponpes Pancasila Bengkulu tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai pilar penting dalam pembangunan moral dan intelektual generasi muda. Dengan segala upaya yang dilakukan, Ponpes Pancasila siap menghadapi tantangan zaman dan terus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan negara. (A01G)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics