Popda 2024: Kota Bengkulu Raih Juara Umum

Popda 2024: Kota Bengkulu Raih Juara Umum

Kota Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Bengkulu 2024, yang diselenggarakan dari tanggal 13 hingga 17 Mei di Kota Bengkulu, telah resmi ditutup pada Jumat sore, 17 Mei 2024. Acara penutupan berlangsung di Gedung Olahraga (Gor) Sawah Lebar, Kota Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Bengkulu, Drs. Khairil Anwar, M.Si, memimpin penutupan acara tersebut. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan, serta sejumlah pejabat lainnya.

Popda 2024: Kota Bengkulu Raih Juara Umum

Dalam sambutannya, Khairil Anwar menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Popda dan mengucapkan selamat kepada para atlet yang berhasil meraih juara, terutama kepada kontingen Kota Bengkulu yang berhasil menjadi juara umum.

“Kita bersyukur Popda tahun 2024 ini berjalan dengan lancar, tertib, dan menghasilkan juara umum dari Kota Bengkulu,” ujar Khairil.

Selain itu, Khairil meminta agar setiap kabupaten/kota memberikan penghargaan yang layak kepada para atlet berprestasi dan mendorong mereka untuk bersiap menghadapi kejuaraan yang lebih tinggi.

“Tentunya, dalam mempersiapkan mereka ke depan, kita tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada keterlibatan komponen masyarakat lainnya seperti pihak swasta, karena kita tahu pemerintah daerah memiliki keterbatasan anggaran,” tambahnya.

Popda 2024: Kota Bengkulu Raih Juara Umum

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan, menambahkan bahwa setelah penutupan resmi Popda 2024, perhelatan kejuaraan tingkat pelajar ini akan kembali dilaksanakan dua tahun mendatang.

“Kami selaku Dispora Provinsi Bengkulu akan menindaklanjuti hasil Popda ini. Bagi yang menjadi juara akan masuk pra-Popnas pada bulan September nanti di Jawa Tengah,” kata Ika Joni.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bengkulu, Sutapa, S.Pd., M.Pd., menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian Kota Bengkulu sebagai juara umum dan mempertahankan prestasi sebelumnya. “Alhamdulillah, Kota Bengkulu berhasil keluar sebagai juara umum dan mempertahankan prestasi sebelumnya. Terima kasih kepada semua pihak, mulai dari Frimkomda Kota Bengkulu, ofisial, pelatih, dan semua atlet yang telah bekerja keras dan berlatih keras sehingga memperoleh hasil yang terbaik. Selanjutnya, kami akan mempersiapkan diri untuk event yang lebih tinggi yaitu pra-Popnas di Semarang,” tuturnya.

Berdasarkan hasil perolehan medali hingga Kamis pukul 23.30 WIB, kontingen Kota Bengkulu berhasil meraih juara umum dengan perolehan 27 emas, 9 perak, dan 8 perunggu, total 45 medali. Di posisi kedua, Kabupaten Bengkulu Tengah meraih 4 emas, 8 perak, dan 8 perunggu, total 20 medali. Berikut adalah rincian perolehan medali dari kontingen lainnya:

Kabupaten Kepahiang: 4 emas, 5 perak, dan 7 perunggu, total 16 medali.
Kabupaten Bengkulu Utara: 4 emas, 3 perak, dan 4 perunggu, total 11 medali.
Kabupaten Kaur: 3 emas, 2 perak, dan 3 perunggu, total 8 medali.
Kabupaten Seluma: 2 emas, 5 perak, dan 6 perunggu, total 13 medali.
Kabupaten Rejang Lebong: 1 emas, 9 perak, dan 4 perunggu, total 14 medali.
Kabupaten Lebong: 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu, total 5 medali.
Kabupaten Bengkulu Selatan: 2 perak dan 4 perunggu.
Kabupaten Mukomuko: 4 perunggu.

Keberhasilan kontingen Kota Bengkulu sebagai juara umum menjadi sorotan utama dalam penutupan Popda 2024. Prestasi ini tidak hanya membanggakan bagi Kota Bengkulu tetapi juga diharapkan menjadi motivasi bagi atlet-atlet lain untuk terus berprestasi.

Popda 2024 ini diharapkan menjadi momentum bagi pembinaan atlet pelajar di Provinsi Bengkulu. Dengan prestasi yang diraih, para atlet akan terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah daerah maupun swasta. Dukungan ini sangat penting mengingat terbatasnya anggaran pemerintah daerah dalam pembinaan olahraga.

Ke depan, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini pada ajang yang lebih tinggi. Pra-Popnas di Semarang pada bulan September mendatang akan menjadi ujian selanjutnya bagi para atlet yang telah berprestasi di Popda 2024 ini.

Secara keseluruhan, Popda 2024 telah menunjukkan potensi besar para atlet pelajar di Provinsi Bengkulu. Dengan persiapan yang matang dan dukungan yang berkelanjutan, diharapkan prestasi mereka akan terus meningkat di tingkat nasional bahkan internasional. Penutupan yang meriah dan penuh apresiasi ini menjadi penutup yang manis untuk sebuah perhelatan olahraga yang sukses dan penuh makna bagi semua pihak yang terlibat. (Adv/Hasnul Ependi)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics