Kunjungan Bhabinkamtibmas Polsek Manna ke Desa Kembang Ayun: Upaya Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban

Manna, beritamerdekaonline.com – Pada hari Kamis (13 Juni 2024), Bhabinkamtibmas Polsek Manna Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu, Briptu Sendi Lespigi, melakukan kunjungan ke aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Kembang Ayun, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Bhabinkamtibmas dalam mendukung pembangunan di desa serta mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Kunjungan Briptu Sendi Lespigi ke Desa Kembang Ayun bertujuan untuk melakukan sambang dan monitoring terhadap kegiatan yang berlangsung di desa tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Briptu Sendi mengajak seluruh aparatur desa dan warga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. “Saya berharap seluruh aparatur desa dan warga dapat meningkatkan pelayanannya dan berperan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta menjaga dan merawat hasil pembangunan yang telah ada di Desa Kembang Ayun,” ujar Briptu Sendi.

Selain itu, Briptu Sendi juga memberikan imbauan terkait peningkatan kewaspadaan menjelang Hari Raya Idul Adha. Ia menekankan pentingnya menjaga hewan ternak dari potensi tindak pidana pencurian. “Dalam mengantisipasi Hari Raya Idul Adha, saya mengimbau agar masyarakat yang memelihara hewan ternak meningkatkan kewaspadaannya dari intaian para pelaku pidana. Solusinya adalah dengan mengkadangkan hewan ternak sehingga mudah dalam pengawasannya,” pungkasnya.

Kunjungan Bhabinkamtibmas ini mencerminkan pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Peran aktif Bhabinkamtibmas dalam menyambangi dan berinteraksi langsung dengan aparatur desa dan warga menunjukkan komitmen kepolisian dalam mendukung pembangunan serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Salah satu tujuan utama dari kunjungan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran serta mereka dalam menjaga keamanan lingkungan. Dengan adanya dialog dan komunikasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta hubungan yang harmonis dan saling mendukung. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Kegiatan sambang dan monitoring yang dilakukan oleh Briptu Sendi Lespigi merupakan bagian dari implementasi program kepolisian yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Program ini dirancang untuk memastikan bahwa kepolisian selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan rasa aman, dan siap membantu dalam berbagai situasi.

Dalam konteks pembangunan desa, kehadiran Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberikan dampak positif, terutama dalam hal pengawasan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan. Dengan adanya kerjasama yang baik antara kepolisian dan pemerintah desa, diharapkan dapat tercipta pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Selain memberikan imbauan tentang keamanan hewan ternak, Briptu Sendi juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan kejahatan secara umum. Ia mengajak warga untuk selalu waspada terhadap potensi kejahatan dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan hal-hal yang mencurigakan. “Waspada terhadap kejahatan adalah tanggung jawab kita bersama. Jika ada hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak kepolisian agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” tegasnya.

Briptu Sendi juga mendorong masyarakat untuk aktif dalam sistem keamanan lingkungan, seperti melalui ronda malam atau pembentukan pos keamanan lingkungan (Poskamling). Langkah ini dinilai efektif dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman. “Dengan adanya sistem keamanan lingkungan yang baik, kita bisa mencegah kejahatan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman,” ujarnya.

Kunjungan Bhabinkamtibmas Polsek Manna ke Desa Kembang Ayun merupakan contoh nyata dari upaya kepolisian dalam mendukung pembangunan dan menjaga keamanan di tingkat desa. Melalui kegiatan sambang dan monitoring, Briptu Sendi Lespigi tidak hanya memastikan keamanan lingkungan tetapi juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kamtibmas. Dengan adanya kolaborasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh warga.

Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa kepolisian siap hadir di tengah masyarakat, memberikan pelayanan terbaik, serta berkomitmen untuk menciptakan rasa aman dan damai di setiap pelosok negeri. Mari bersama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *