Panglima TNI Dampingi Presiden RI dalam Groundbreaking Proyek-Proyek di IKN

Panglima TNI Dampingi Presiden RI dalam Groundbreaking Proyek-Proyek di IKN
(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo Groundbreaking sejumlah gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN), diantaranya Gedung Bank Tabungan Negara (BTN), Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School, Arena Gourmet, PLN Hub, dan Launching Kantor Berita Antara di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), Jl. Mulawarman No. 99 Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

IKN, Beritamerdekaonline.com – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara groundbreaking beberapa gedung penting di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu, 5 Juni 2024. Acara yang berlangsung di Jalan Mulawarman No. 99, Balikpapan, Kalimantan Timur, ini mencakup peresmian pembangunan Gedung Bank Tabungan Negara (BTN), Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School, Arena Gourmet, PLN Hub, serta peluncuran Kantor Berita Antara di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya proyek-proyek ini bagi masa depan IKN. Ia berharap pembangunan infrastruktur ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan di ibu kota baru. “Proyek-proyek ini bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga tentang mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi bangsa kita,” ujar Presiden.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto turut menyatakan komitmennya dalam mendukung keamanan dan kelancaran seluruh proses pembangunan di IKN. “TNI akan selalu siap mendukung setiap langkah pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di Ibu Kota Nusantara. Keamanan dan stabilitas wilayah adalah prioritas utama kami,” katanya.

Acara groundbreaking ini dimulai dengan pemutaran video singkat mengenai rencana pembangunan di IKN, yang menyoroti pentingnya proyek-proyek tersebut dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Setelah itu, para pejabat melakukan peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya menjelaskan bahwa Gedung BTN, Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School, Arena Gourmet, dan PLN Hub adalah bagian integral dari rencana besar untuk menjadikan IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan inovasi. “Kami berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek ini tepat waktu dan dengan kualitas terbaik,” tegasnya.

Nusantara Sustainability Hub diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan teknologi berkelanjutan, yang akan memainkan peran penting dalam mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan berkelanjutan. Sementara itu, Bina Bangsa School akan menyediakan fasilitas pendidikan berkualitas tinggi bagi masyarakat IKN dan sekitarnya.

Arena Gourmet dan PLN Hub akan menjadi pusat aktivitas kuliner dan energi, masing-masing. Arena Gourmet dirancang untuk mendukung industri kuliner lokal dan menyediakan tempat bagi masyarakat untuk menikmati berbagai jenis makanan dan minuman. PLN Hub, di sisi lain, akan menjadi pusat kendali dan distribusi energi yang mendukung kebutuhan listrik di IKN.

Peluncuran Kantor Berita Antara di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) menandai pentingnya media dalam mendukung transparansi dan informasi yang akurat selama proses pembangunan. “Kami berharap Kantor Berita Antara dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat mengenai perkembangan proyek-proyek di IKN,” ujar Presiden.

Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menyampaikan bahwa pihaknya akan memastikan semua aspek legal dan tata ruang mendukung kelancaran pembangunan di IKN. “Kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa pembangunan ini berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak menemui hambatan,” katanya.

Para tamu undangan kemudian diajak untuk mengunjungi beberapa lokasi pembangunan untuk melihat langsung persiapan yang telah dilakukan. Mereka juga diberi penjelasan detail mengenai setiap proyek yang akan dibangun, termasuk timeline dan target penyelesaian.

Acara ini diakhiri dengan doa bersama untuk memohon kelancaran dan kesuksesan dalam setiap tahap pembangunan di IKN. Semua pihak yang terlibat berkomitmen untuk bekerja keras dan berkolaborasi demi mewujudkan visi besar IKN sebagai ibu kota baru yang modern, berkelanjutan, dan inklusif.

Proyek-proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar IKN. Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari semua pihak, pembangunan di IKN diharapkan dapat berjalan lancar dan selesai sesuai rencana. (CW01-G)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics