Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual, Wabup Sampaikan; UMKM harus mampu memiliki daya saing tinggi

Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual, Wabup Sampaikan; UMKM harus mampu memiliki daya saing tinggi

Lebong, Beritamerdekaonline.com – Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Lebong bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Sosialisasi Promosi dan Diseminasasi Kekayaan Intelektual, yang digelar di Hotel Asri pada Senin 10/06/2024 pagi

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya kekayaan intelektual bagi pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Kabupaten Lebong. Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menyiapkan masyarakat dan pelaku usaha lokal dalam bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi terkait pengertian kekayaan intelektual, hak cipta, merk, serta izin untuk pelaku UMKM di Kabupaten Lebong.

“Kami pemerintah daerah kabupaten Lebong berkomitmen untuk mendukung dan mendorong kegiatan yang bisa memperkuat ekonomi kerakyatan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat,”Sampai Wabup

“Hak preogratif untuk pemilik usaha mendaftarkan kepemilikan merek, izin usaha, hak tersebut timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk yang berguna bagi manusia dan sebagai objek yang diatur dalam HKI sebagai karya-karya yang lahir atau timbul karena kemampuan intelektual manusia maka dari itu mengembangkan serta membangun kesadaran cinta dan bangga terhadap merek lokal itu sangat penting,”sambung Fahrurrozi,M.pd

Dengan kekayaan intelektual ini manfaat yang diberikan adalah sebagai aset usaha, pendukung pengembangan usaha, pencegah persaingan usaha tidak sehat dan pencegah daya saing, pemacu inovasi, kreatifitas dan pembentuk image, pentingnya penggunaan merek dan didaftarkan guna mendapatkan hak milik serta mendapatkan perlindungan hukum bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Pentingnya pemilik usaha untuk mendaftarkan merek usahanya dalam mendapatkan perlindungan hukum bagi pelaku usaha mikro kecil menengah,”jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Lebong berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu untuk inisiatif serupa di masa depan yang akan semakin memajukan wilayah ini secara ekonomi dan sosial.

Kepala Divisi pelayanan hukum dan HAM Bengkulu, Andrienasjah, mengatakan, siap mendukung dan mensupport Pemkab Lebong dalam memanfaatkan kekayaan intelektual untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

“Bersama-sama kita mendukung dan memberi edukasi kepada pelaku UMKM agar nantinya bisa membuat merk, indikasi geografis, hak paten ataupun hak ciptanya. Semuanya bermuara kalau adanya pengembangan ekonomi kreatif dengan memahami Hak kekayaan intelektual,”imbuh Andrienasjah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Asri Kabupaten Lebong,dihadiri OPD terkait, Disperindag, Dinas Pertanian, PMD, Bapeda, Bagian Hukum, Kominfo,DKP, Bagian Ekonomi, Camat, perwakilan kepala desa serta pelaku UMKM.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics