Pembangunan Kantor Cabang Baru Kejari Kota Semarang, Mbak Ita Berharap Pelayanan Lebih Optimal

SEMARANG, Berita Merdeka Online – Pembangunan kantor cabang baru Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang di Jalan Puri Anjasmoro, Kelurahan Tawangmas, Kecamatan Semarang Barat, resmi dimulai pada Rabu, (10/7/2024). Groundbreaking atau peletakan batu pertama dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, Ponco Hartanto, bersama Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan dinas terkait.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng, Ponco Hartanto, menjelaskan bahwa kantor cabang baru Kejari Kota Semarang ini dibangun di atas lahan seluas 1.051 meter persegi dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Kantor yang direncanakan terdiri dari dua lantai ini akan mampu menampung puluhan karyawan. Tujuan utama dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengingat kantor cabang sebelumnya yang berada di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas sering dilanda rob, yang mengakibatkan gangguan signifikan terhadap pelayanan publik.

“Kalau melihat waktu, Kejaksaan cabang di Pelabuhan itu kadang-kadang kita datang pagi, tapi sore sudah pada keluar. Otomatis dengan seperti itu pelayanan publik terganggu. Dan mungkin teman media mau mencari berita atau mencari informasi ke cabang Kejaksaan Semarang, ya dengan kondisi rob banjir seperti itu, tidak nyaman,” ujar Ponco di sela-sela kegiatan pembangunan kantor cabang baru Kejari Kota Semarang.

Ponco berharap pembangunan ini bisa selesai tepat waktu, sesuai rencana pada Desember 2024. Ia juga berharap bahwa kantor cabang baru ini nantinya bisa memberikan bantuan hukum kepada masyarakat sekitar. “Alhamdulillah puji syukur kita mendapatkan hibah di tengah permukiman ini untuk dibangun gedung kantor Cabang Kejaksaan Semarang, dalam arti bisa memberikan pelayanan publik lebih baik. Masyarakat akan senang hadir di sini untuk meminta, bisa juga pendapat hukum terkait permasalahan hukum yang dihadapi,” jelasnya.

“Pelayanan hukum yang diberikan oleh kantor Cabang Kejaksaan Semarang ini karena di tengah permukiman, tanah bagus, bangunan sudah menyerupai bangunan hotel, jadi harapan kami masyarakat tidak segan jika membutuhkan pelayanan hukum kepada Kejaksaan Cabang Semarang,” imbuhnya.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Jateng yang telah memberikan hibah kepada Kejaksaan Negeri Kota Semarang. Menurutnya, dengan adanya kantor baru ini, pelayanan hukum untuk masyarakat Kota Semarang bisa lebih maksimal. Mbak Ita, sapaan akrabnya, juga memastikan bahwa Pemkot Semarang akan mendukung kebutuhan-kebutuhan lainnya terkait pembangunan ini.

“Iya, harapannya pelayanan semakin optimal. Tentu tadi disampaikan Pak Kajati ini sebagai bentuk pelayanan kejaksaan, khususnya Semarang, karena memang di Pelabuhan Tanjung Emas rob, gak ada hujan gak ada apa-apa tapi ternyata terjadi rob. Jadi kami juga akan memberikan support agar bisa memberikan kenyamanan bagi pegawai kejaksaan maupun masyarakat,” kata Mbak Ita.

Dengan pembangunan kantor baru ini, diharapkan pelayanan publik, khususnya pelayanan hukum, dapat dilakukan dengan lebih baik dan nyaman, mengatasi masalah rob yang sering terjadi di lokasi kantor sebelumnya. Kantor cabang baru ini juga diharapkan dapat menjadi tempat yang lebih layak bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan hukum.(day)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *