Akhir Puncak PSBD ke 4 Tahun 2019 Asahan Resmi di Tutup H. Surya BSc

0
8379

Asahan – Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke-IV Tahun 2019 telah berakhir, kegiatan ini merupakan  program Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan setiap dua tahun sekali yang secara resmi ditutup Bupati Asahan,  H Surya BSc, pada hari Jum’at tanggal 6 Desember 2019 yang berlangsung di Terminal Madya Kisaran, Sabtu (07/12/2019).

Dalam penampilan kesenian budaya dari 14 etnis yang ada di Kabupaten Asahan dengan seni budaya yang berbeda-beda menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Asahan.

Kesenian budaya yang ditampilkan setiap etnis pada PSBD  ke-IV tahun 2019 yang memberikan pengetahuan kepada masyarakat Asahan tentang seni budaya yang ada di Kabupaten ini. Misalnya Etnis Pak-Pak dengan seni budaya Tari Motcak, Tari Menulanggat, Tari Tak-Tak Garo-garo, Tari Muat Kopi dan dari tarian etnis lainnya yang ada di Kabupaten Asahan.

Dengan ditampilkannya seni budaya setiap etnis pada PSBD Kabupaten Asahan ke-IV tahun 2019 ini maka berakhirla kegiatan ini.  Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan rasa cinta dan memiliki seni budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Asahan.

Hal ini disampaikan oleh 14 pimpinan etnis yang ada di Kabupaten Asahan pada saat memberikan sambutannya di setiap menampilkan seni budaya masing masing pada PSBD Asahan ke-IV ini secara bergiliran pada setiap malamnya.

Dalam kesempatan ini selaku Ketua panitia penyelenggara PSBD Kabupaten Asahan ke-IV tahun 2019  Rianto  SH  ,  MAP pada sambutanya mengatakan, kegiatan ini merupakan usaha bersama kita sebagai sebuah bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur yaitu adat dan budaya agar dapat mengenal jati dirinya, khususnya bagi generasi muda. 

Oleh karena itu sebagai pimpinan etnis yang ada di Kabupaten Asahan dan seluruh lapisan elemen masyarakat,  adat istiadat dan budaya yang ada pada kita masing-masing, sehingga apa yang menjadi kekhawatiran kita atas krisis jati diri terhadap generasi muda dapat kita atasi.

Lebih lanjut  Rianto  menyampaikan, kami atas nama panitia penyelenggara PSBD Kabupaten Asahan ke-IV Tahun 2019 berharap Kegiatan ini dapat menjadi pengalaman bersama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PSBD Kabuaten Asahan kedepannya dan dapat lebih baik lagi ditahun-tahun berikutnya yakni tahun 2021.

“Dengan semangat kebhinekaan yang tumbuh dan terus berkembang didalam sanubari masyarakat Kabupaten Asahan, kami yakin dan percaya akan mampu menyelenggrakan PSBD Kabupaten Asahan ditahun berikutnya danlebih baik lagi dari tahun ini, jelas Rianto

Ditempat yang sama Bupati Asahan, H Surya BSc pada bimbingan dan arahannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan 14 etnis yang telah mensukseskan PSBD Kabupaten Asahan ke-IV tahun 2019.

Yang mana kegiatan ini merupakan salah satu upaya, dalam rangka kemajuan kebudayaan sebagai mana yang diamanahkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, yang objeknya antara lain adalah tradisi dan seni.

Bupati Asahan berharap kelompok etnis sebanyak 14 etnis yang ada di Kabupaten Asahan dapat menggunakan potensi yang ada untuk melestarikan seni dan budaya masing masing, melalui pelatihan-pelatihan disanggar-sanggar seni etnis.

Sehingga PSBD Kabupaten Asahan kedepan benar-benar bisa dirasakan masyarakat sebagai hiburan, pendidikan, penyampaian informasi dan sebagai sarana melestarikan warisan budaya, memperkaya keragaman budaya, memperteguh persatuan dan kesatuan khususya diwilayah Kabupaten Asahan yang kita cintai ini.

Bupati menambahkan, bahwa PSBD Kabupaten Asahan ke-IV tahun 2019 ini merupakan PSBD Kabupaten Asahan terbaik dari pada tahun-tahun sebelumnya, semoga kegiatan PSBD berikutnya kita bertemu kembali, tutur Bupati

Diakhir kegiatan  Bupati Asahan bersama dengan tamu undangan melepaskan lampion yang menandakan PSBD Kabupaten  Asahan ke-IV Tahun 2019 telah resmi di tutup. (Dodi

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here