Bangunan SDN-3 Sei Pasah Rusak Parah Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Tutup Mata

0
725

Kapuas, Beritamerdekaonline.com – Sungguh Tragis jika melihat kondisi bangunan Gedung SDN-3 Sei Pasah yang terletak di Desa Sei Asem, Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah, selama masa pandemi COVID-19 seolah-olah tidak lagi diperhatikan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas yang seperti tutup mata saja dan juga seiring dengan anjuran protokoler kesehatan dari Pemerintah yakni belajar harus di rumah dengan menggunakan sistem daring yang berefek semakin menjauhnya jarak pergaulan guru dan anak didik dalam berinteraksi sosial secara komprehensif dalam kehidupan di sekolah.

Akibat Sekolah sudah diliburkan terlalu lama, sejak terjadinya penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) ini mau tidak mau kondisi sekolah dari Pemeliharaan dan perawatan sarana bahkan prasarana bangunan gedung SDN-3 Sei Pasah yang terletak Di Sei Asem Kecamatan Kapuas Hilir yang hampir ambruk tidak terawat.

jika melihat kondisi bangunan gedung mulai dari atap, banyak yang terlepas kelihatan sudah nampak berlobang, kalau hujan datang siswa dan guru pasti basah, dan kemudian untuk dinding gedung sekolah sudah ada yang retak atau pecah plesteranya, dan juga yang paling parah kondisi bangunan makin miring ke kiri dan hampir ambelas masuk ke dalam tanah, ini tidak bisa dibiarkan berlarut- larut, dan harus segera mendapat perbaikan dari pemerintah Daerah.

Bahkan jika hal ini tidak diperhatikan oleh Dinas Pendidikan secara serius, maka akibatnya bisa mengancam keselamatan proses belajar mengajar antara siswa dan guru saat Kembali melakukan kegiatan belajar mengajar di gedung sekolah itu.

Menurut keterangan dari salah seorang warga Yadi yang sering melintasi jalan melewati sekolah tersebut kepada wartawan Beritamerdekaonline mengakui bahwa SDN-3 Sei Pasah ini benar sudah rusak parah, keadaan bangunan gedung posisinya sudah miring ke kiri, hampir ambelas masuk kedalam tanah, kemudian untuk dinding sudah ada yang retak dan pecah.

“lalu untuk atap nampak berlobang karena banyak yang sudah terlepas dan resikonya sangat berbahaya bagi siswa dan guru yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah itu.” ungkap Yadi kepada wartawan Beritamerdekaonline.

Yadi meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas segera melakukan perbaikan terhadap sekolah tersebut, sebab jika dibiarkan proses pembelajaran nantinya akan terganggu pungkasnya.

Sementara itu Kepala SDN-3 Sei Pasah Ependi SP.d ketika di konfirmasi wartawan BM online, pada saat berita ini diturunkan belum berhasil ditemui.

 Di tempat terpisah, terkait dengan kondisi Bangunan Gedung yang sudah rusak parah tersebut, wartawan Beritamerdekaonline mencoba mengkonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas pada hari Kamis Pukul 9.00 WIB ternyata keluar rapat kata petugas piket Yang jaga di depan ruangan. Kemudian dilanjutkan konfirmasi ke Kabid Pembina Sekolah Dasar Pranz Yulian, S.E., nengungkapkan untuk tahun ini, masalah untuk bangunan belum mengetahui ada atau tidak ada dan untuk itu karena kami terkonsentrasi ke Penanganan COVID, dan untuk lebih jelasnya coba hubungi kasubag perencanaan Jefri, S.E., ujar Pranz.

Setelah di coba menghubungi Jefri, SE kasubag perencanaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas di ruang kerjanya ternyata keluar kata stafnya.

Penulis: (Moh. Sariansyah)
Editor: (Mitra Pizer)

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here