Bersikap Arogan Kepada Berapa Advokat, Sofri Nyong : Kasat Reskim Labuha Harus di Evaluasi oleh Polda Maluku Utara

0
1440

Beritamerdekaonline.com, Halsel –Seorang anggota Polri yang menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Kabupaten Halmahera selatan di anggap terlalu arogan terhadap beberapa Advokat saat menjumpai klien. Nuraida, seharusnya siapa pun dia sebagai penegak hukum lebih memberikan sikap yang membawaihi Institusi Polri dan bertugas memberikan keamanan, kenyamanan, serta pelayanan warga negaranya yang membutuhkan Keadilan saat pengaduan.

Lantas apa yang menjadi tugas, fungsi dan tanggung jawab seorang Polri. dimanah semua telah di atur dalam UU Bahwa seorang polri berkewajiban memberikan pelayanan publik yang prima sebagaimana diamanatkan UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Namun sikap arogan yang di tunjukkan Kasat Reskrim Polres Halmahera Selatan kepada beberapa pengacara saat menjumpai kliennya itu Sebagai Advokat Merasa Sangat Tersinggung dengan Sikap Kasat Reskrim tersebut sehingga saat beranjak lepas dari Polres Halmahera Selatan meninggalkan kesan buruk salah seorang kasat yang di anggap terlalu arogan oleh sikapnya

“Tentu kami tidak merasa nyaman atas sikap Kasat Reskrim Polres Halmahera Selatan sebagai advokat merasa tidak di hargai, dan terkesan Sangat Arogan Dengan Bahasa yang di keluarkan ke Saya Jangan Masuk-masuk Ruangan Penyidik Kalau tarabawa Surat Kuasa Kaluar dari Ruangan Penyidik dan tunggu di luar Dengan Nada yang keras,” Ungkap Safri Nyong.

Suda tentu, siapa sangka menjadi pengacara juga bukan hal yang muda, perlu berbagai macam persiapan mental administrasi, pengujian, serta kelulusan yang di anggap memenuhi persyaratan hingga dapat dikukuhkan (Sumpa), Sebagai seorang advokat bertitel Serjana Hukum.

Sementara pada Wartawan Beritamerdekaonline.com (31/08/2021) sekitar pukul 19 : 30. Adv. Sofri Nyong mengatakan. ” Bahwa kedatangan kami di Polres Halmahera Selatan itu atas pangilan resmi dari peyidik Windi dan Nani untuk melakukan pendampingan Klian kami atas nama Nuraida alias IDA dalam kasus perkara KTI di unit PPA melalui via telepon,

Sambungnya, Safri sebagai seorang Advokat yang sementara yang melakukan mendampingi kepentingan Hukum suda pasti ada surat Kuasa Hukum karna itu bagian dari dasar kerja-kerja Kuasa Hukum/Advokat dalam mendampingi Klien apalagi saat insiden terjadi saya bersama rekan Saya Advokat Suwarjono Buturu lagi melakukan Pendampingan Klien. Ucapnya

Di lain tempat Safri Nyong, mengatakan. “sementara pemeriksaan saksi di Ruang Unit PPA Polres Halsel, Sikap Kasat seaakan-akan mempunyai masala pribadi dengan saya, padahal sejau ini kami Para Advokat selalu memiliki mitra yang baik dengan Institusi Polres Maupun Institusi Hukum Lainnya.

Dari sikap yang di anggap arogan, dan tidak memiliki etika sebagai penegak hukum. Safri Nyong juga meminta Kapolda Maluku Utara (MaLut), Propom Polda Malut agar dapat Mengevaluasi Sikap Seorang Kasat Reskrim Polres Hal-Sel.

“Saya Atas Nama Safri Nyong Advokat yang berasal dari Organisasi PERADI meminta kepada Kapolda Maluku Utara, Irwasum Polda Maluku Utara, Propam Polda Maluku Utara. Agar Mengevaluasi Sikap Kasat Reskrim Polres Halmahera Selatan yang terkesan arogan dan atau Tidak Humanis terhadap Advokat Safri Nyong dan Advokat Suwarjono Buturu. Melihat potret inilah maka diperlukan wajah kepolisian yang lebih ramah, humanis tanpa meninggalkan sisi tegas, bersih, kredibel dan berwibawa,” Tegas Safri.

Saat di temui beritamerdekaonline.com diruang kerjanya Kasat Reskrim Polres Kabupaten Halmahera Selatan. IPTU Hadad Hi Jafar (31/08/2021) pukul 10:35 WIT. Membantah tudingan Safri Nyong.

HJ. Menjelaskan, Jika, memiliki klien yang berurusan dengan Penyidik harus memiliki surat kuasa dari kliennya tidak diperbolehkan masuk ke ruang penyidik tanpa ada pemberitahuan lebih dulu.

“Pengacara itu harus ada kuasa dari kliennya kan!, jangan langsung masuk di ruang penyidik. Saya selaku Kasat harus memberikan teguran. Kalau surat kuasanya ada dan ditunjukkan ke kami. Jelasnya(MA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here