Bicara PKH ‘Salah Sasaran’ Ketua Lembaga Investigasi Negara Mengelus Dada

0
261
Foto Istimewa

Kupang, BMon | Berita Merdeka Online –Tidak menjadi rahasia umum bahwa bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diluncurkan pemerintah pusat diduga tidak tepat sasaran. Termasuk di Kabupeten Kupang, banyak warga hampir di semua kecamatan mengeluh ke Lembaga Investigasi Negara (LIN) menurutnya data salah sasaran. Tentu hal ini menjadi tugas pelik yang tak bisa diremehkan oleh pemerintah.

Fakta ini sudah diketahui sejak lama oleh Rodi, Ketua Lembaga Investigasi Negara (LIN) DPD Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia angkat bicara tentang PKH yang dinilai tidak tepat sasaran.

PKH itu kan ada beberapa hal persyaratan. Sasaran memang kepada yang punya anak sekolah, yang punya orang jompo. Kemudian kaitan dengan yang dilakukan oleh BPS, pasti ada sebuah kesalahan-kesalahan dan kekurangan,” jelasnya saat ditemui di Kota Kupang, Jumat (20/08/2021)

Jika belum mencapai sasaran, dirinya akan mengupayakan adanya evaluasi. Dengan begitu nanti akan terlihat tingkat akurasi data yang telah dilakukan oleh tim pendataan PKH.

Ditegaskannya pula, upayanya tidak hanya sampai di Dinas Sosial, ia pun akan segera mengajak Dinas Sosial ke Kemensos RI karena mengingat kewenangan utama ada di sana.

Ketika ditanya terlepas dari upaya-upaya sebagai Ketua LIN, dirinya juga mengungkapkan perasaan ibanya dengan mengelus dada. Sebab masyarakat yang seharusnya menjadi sasaran bantuan PKH, namun banyak yang belum terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jelas to, karena saya selalu bicara disaat melakukan investigasi di desa-desa. Harus dihadapi dan diperjuangkan,” tutur Rodi.

Tentu dalam waktu dekat ini, kami akan mengunjungi Dinas Sosial Kabupaten. Tidak usah bertele-tele SK Bupati sudah selesai,” tutup dia. (Albon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here