Buat JPRMI PALAS FC : Turnamen Adalah Pembinaan

0
1918

Padang Lawas, Beritamerdekaonline.com – JPRMI PALAS FC turut serta dalam Turnamen Futsal NNB Cup I yang diselenggarakan oleh Parsadaan Naposo dohot Nauli Bulung (PNNB) Lingkungan IV Pasar Binanga, Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas di Lapangan Futsal Lingkungan IV Pasar Binanga. Turnamen ini adalah turnamen ketiga yang diikuti oleh Tim Sepak Bola besutan Pengurus Daerah Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (PD JPRMI) Kab. Padang Lawas ini.

Turnamen pertama adalah Ramadhan Cup tahun ini yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepak Bola Kabupaten Padang Lawas (PSSI Palas) di Lapangan Futsal Gelanggang Olahraga (GOR) Kab. Padang Lawas di Sibuhuan. Pada turnamen ini, main pertama JPRMI PALAS FC berhadapan dengan Tim Futsal Desa Air Bale, JPRMI Palas FC menang. Di laga penyisihan 32 tim, JPRMI PALAS FC langsung berlawanan dengan Tim Futsal Garuda Paluta yang ternyata mencarter pemain satu tim dari Labuhan Batu.

Muhammad Idirisman Mandefa S.Th.I, M.A.P selaku Pembina JPRMI FC, mengungkapkan
“Saya masih ingat, di bagian depan kaosnya tertulis Labuhanbatu, padahal mereka mengatasnamakan Garuda Paluta. Memang, turnamen waktu itu terbuka. Tapi, sempat dirasa janggal, bahwa pemain Garuda Paluta menggunakan kaos Labuhanbatu. Lucu sih, tapi itulah fakta dan fenomenanya. JPRMI PALAS FC “dibantai” disitu.”

Nyatanya lagi, Tim asal Labuhanbatu yang dipakai oleh Garuda Paluta itu, menjadi pemenang pada turnamen Ramadhan Cup kali itu. Artinya, PC JPRMI PALAS FC yang anggotanya kala itu merupakan anak-anak remaja Kab. Padang Lawas, dari Kec. Batang Lubu Sutam dan Kec. Sosa Julu sudah berpengalaman melawan sang juara dari Labuhanbatu.

Turnamen kedua yang diikuti oleh JPRMI PALAS FC adalah KNPI PALAS Cup yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kab. Padang Lawas di Lapangan Futsal SMA Taruna Kesmua Bangsa Sibuhuan. Di sesi penyisihan JPRMI PALAS FC berhadapan dengan Tim Futsal asal Kec. Aek Nabara Barumun. Di babak pertama, JPRMI PALAS FC dibantai 3 – 0. Tiba di babak kedua, JPRMI PALAS FC membalas membalas gol menjadi 3 – 3. Tapi, di ujung waktu pertandingan, lawan mencetak 1 gol, dan diiringi dengan pliut panjang, tanda pertandingan telah usai. JPRMI PALAS FC kalah dengan poin gol, 4 – 3.

“Evaluasi dari laga saat itu adalah strategi permainan dan integrasi pemain. Solusinya, adalah perlunya memperbanyak latihan tim. Dan rekrutmen pemain potensial. Waktu itu, pemain JPRMI PALAS FC berasal dari anak-anak remaja dan pemuda Kec. Sosa, Kec. Sosa Julu, Kec. Barumun, dan Kec. Ulu Barumun.”

Nah, pada Turnamen ketiga ini, pemain JPRMI PALAS FC adalah anak-anak remaja dari Kec. Sosa, Kec. Sosa Julu, Kec. Barumun, dan Kec. Lubuk Barumun.

Berbeda dengan kedua turnamen sebelumnya, jika turnamen Ramadhan Cup PSSI Kab. Padang Lawas dan KNPI Palas Cup menggunakan sistem gugur, maka turnamen kali ini menggunakan siatem group.

JPRMI PALAS FC satu group dengan PSGS, BAMS, NAULI JAYA, dan GEMPARS. Di sesi pertama, pada hari Kamis, 16/12/2021, JPRMI PALAS FC berhadapan dengan PSGS, tim asal Sibuhuan. JPRMI PALAS FC kalah pada laga itu dengan poin gol 7 – 3.

Sesi kedua, pada hari Senin, 20/12/2021, JPRMI PALAS FC akan bertemu dengan GAMS. Di Sesi ketiga, Jum’at, 25/12/2021, JPRMI PALAS FC akan berjumpa dengan Nauli Jaya. Dan di sesi keempat, Rabu, 30/12/2021, JPRMI PALAS FC akan berhadapan dengan GEMPARS.

Pembina JPRMI PALAS FC berharap agar turnamen kali ini, sesi demi sesi yang tertinggal, yakni masih ada tiga sesi lagi, agar diikuti dengan serius, disiplin, tertib, dan tetap mengedepankan soliditas dan solidaritas, serta fairplay.

“Di gelanggang adalah lawan, di lapangan adalah kawan. Menang kalah urusan belakang, yang penting naik gelanggang.”

Setiap turnamen futsal adalah momentum pembinaan remaja dan pemuda. Pembinaan mental, pembinaal akal, dan pembinaan phisikal. Itulah sebabnya, setiap turnamen olahraga, khususnya turnamen futsal, sudah semestinya dijadikan sebagai peluang pembinaan bagi siapapun yang peduli terhadap para remaja dan pemuda. Aparatur Desa; Aparatur Pemerintahan Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten; aktivis pemuda; tokoh pemuda; LSM; Ormas; OKP: tokoh masyarakat; pecinta sepak bola: atau siapapun, sudah selayaknya mengambil peluang pembinaan tersebut.

Para pengusaha, orang kaya, para dermawan, dan pemerhati anak, remaja, pemuda, dan olahraga sudah sepatutnya turut mendorong, mendukung dengan menjadi sponsor, menjadi donatur bagi masing-masing tim sepakbola. Perusahaan-perusahaan yang ada di Kab. Padang Lawas sudah semestinya menjadi sponsor dan donatur utama bagi upaya pembinaan generasi muda.

“Semoga, turnamen NNB Cup I Lingkungan IV Pasar Binanga ini berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga JPRMI PALAS FC juga selalu semangat, sehat, solid, dan sukses mengikuti turnamen ini. Dan nantinya, bisa berkelanjutan mengikuti pertandingan-pertandingan berikutnya.”

Mohon doa dan dukungan agar JPRMI PALAS FC selalu eksis di gelanggang pembinaan remaja dan pemuda, baik spiritual, emosional, intelektual, dan maupun phisikal.

“Jangan biarkan anak-anak muda berkelimpungan tanpa pembinaan, bergelimpangan tanpa arahan, apalagi kalau mereka sampai terkapar di jalanan akibat terpapar penyakit sosial, narkoba dan kemunkaran atau kema’shiyatan lainnya. Ayo ikut ambil bagian dalam upaya pembinaan. Kasihan, jika anak-anak atau adik-adik remaja dan pemuda kita jika dibiarkan tanpa panduan dan bimbingan.”

Muhammad Idrisman Mendefa, S.Th.I., M.A.P., CPHRM, CHRBP, CPLM, CELC, CST, CTMI, CMt, CHTe, CMNNLP, CNLP-Coach,
Ketua PD JPRMI Kab. Padang Lawas dan Pembina JPRMI PALAS FC. (Bonaran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here