Bupati Magelang dan Kapolres Magelang Tinjau Vaksinasi Merdeka Anak di Pakis

0
224

Beritamerdekaonline.com(MAGELANG )- Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P. bersama Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K. mengunjungi langsung pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak. Vaksinasi yang menyasar anak usia 6-11 tahun ini dilaksanakan di Balai Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (12/01/2022).

Di lokasi itu, Bupati Magelang dan Kapolres Magelang didampingi PJU Polres Magelang mengikuti Zoom Meeting yang dipimpin oleh Kapolri. Zoom terkait tinjauan kegiatan percepatan akselerasi vaksinasi serentak seluruh Indonesia oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan hadir secara langsung di Gedung Graha Wangsa, Lampung.

Bupati Magelang Zaenal, dirinya bersama Kapolres Magelang berada di Desa Banyusidi Kecamatan Pakis memastikan vaksinasi untuk dosis 2 dewasa/orang tua. Sekaligus memulai vaksinasi untuk anak-anak.

“Hari ini kita vaksinasi anak-anak di wilayah Banyusidi ini sekitar 111 anak,” kata, Bupati Magelang Zaenal Arifin disela-sela memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Banyusidi itu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki target di bulan Januari untuk memberikan vaksinasi kepada anak-anak usia 6-11 tahun sekitar 100 ribu dosis. Sehingga dapat dipersiapkan langkah berikutnya untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Harapannya anak-anak ini nanti sudah bisa melakukan PTM 100 persen, tapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga nantinya tidak ada penularan lagi supaya kita bisa melakukan aktivitas dan membangun sektor ekonomi secara bersama-sama. Harapannya dua minggulah sudah selesai (vaksinasi anak),” ujar Bupati Magelang.

Selanjutnya Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyampaikan hal terkait vaksinasi umum dan fokus Vaksinasi Merdeka Anak. Dikatakan Kapolres, warga masyarakat yang belum vaksin agar didatakan, melalui koordinasi dengan perangkat desa, dan selanjutnya agar dilakukan vaksinasi.

Sedangkan untuk vaksin anak, Kapolres Sajarod minta untuk dikoordinasikan dengan pihak sekolah, baik SD maupun SMP. Hal itu harus diupayakan agar target vaksin anak segera tercapai.

“Tanpa mengesampingkan vaksinasi terhadap orang dewasa, kita saat ini sedang fokus melaksanakan percepatan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Mengingat ini sebagai syarat untuk pelaksanaan PTM 100%,” tandasnya.

Usai kegiatan, Kapolres Magelang melalui Kasi Humas AKP Abdul Muthohir, S.H. menjelaskan kegiatan vaksinasi di Balai Desa Banyusidi Pakis berhasil disuntik 94 anak Vaksin Dosis 1, dan 1.200 orang dewasa Vaksin Dosis 2, total tervaksin 1.294 orang.

“Di TK Bhayangkari Polres Magelang disuntik 19 anak Vaksin Dosis 1. Sedangkan di Gerai Polres Magelang berhasil divaksin 7 anak Vaksin Dosis 1 dan 13 orang dewasa Vaksin Dosis 2,” terang Muthohir.

Disebutkan Muthohir, untuk total hasil vaksinasi oleh Polres Magelang hari ini sebanyak 120 anak Vaksin Dosis 1, kemudian 1.213 orang Vaksin Dosis 2, dan total 1.333 orang. Seluruhnya menggunakan vaksin jenis Coronavac sebanyak 667 vial.

Untuk Vaksinasi Merdeka Anak, hingga hari Selasa (11/01/2022) ini total 981 anak usia 6-11 tahun sudah tervaksin. Sedangkan secara komulatif Polres Magelang telah berhasil memvaksin 90.072 orang Vaksin Dosis 1, dan 23.043 orang Vaksin Dosis 2, serta 318 orang Vaksin Dosis 3.

“Total komulatif tervaksin 163.433 orang atau 79,40 persen dari jumlah target sasaran 205.842 orang,” pungkas AKP Abdul Muthohir. (Rohmad Candra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here