Camat Kluet Timur Lantik Tuha Peut Gampong

0
2620

KLUET TIMUR, Beritamerdekaonline.com – Camat Kluet Timur Muriadi melantik Tuha Peut delapan gampong di Kecamatan Kluet Timur, kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara berlangsung di Aula Kantor Camat Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (12/11/2020).

Para Tuha Peut yang dilantik sebanyak delapan gampong diantaranya, Gampong Lawe Sawah 7 orang, Lawe Buluh Didi 5 orang, Paya Dapur 9 orang, Alai 5 orang, Durian Kawan 9 orang, Pucuk Lembang 7 orang dan Pengganti Antar Waktu (PAW) 3 orang diantaranya, Gampong Paya Laba dan Lawe Cimanok.

Pada Beritamerdekaonline.com, Camat Kluet Timur usai pelatikan mengatakan, bahwa pelantikan Tuha Peut tersebut untuk masa jabatan 2020-2026.

Kepada para Tuha Peut yang dilantik, Camat berpesan, agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi dari pada jabatan tuha peut itu sendiri, sehingga nantinya dalam menjalankan amanah tersebut dapat berjalan dengan baik.

‚ÄúTuha Peut adalah mitra kerja dari pada Keuchik dalam menjalankan roda pemerintahan ditingkat gampong,” kata Moeriadi.

Lebih lanjut, peran Tuha Peut dalam gampong sangat menentukan, selain berfungsi dalam mengawasi manajemen pemerintahan gampong, juga dituntut untuk melahirkan qanun-qanug gampong dibergabai bidang, ekonomi, pendidikan, adat-istiadat dan budaya, serta hal-hal lain yang dianggap penting.

Lanjutnya, banyak hal yang menjadi tanggung jawab Tuha Peut, antara lain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelesaikan sengketa, memberikan nasehat kepada aparatur gampong, mengayomi adat istiadat, dan berbagai hal lain sesuai dengan daerah masing-masing.

Hadiri oleh Muspika Kluet Timur, Para Keuchik dan Imam Gampong serta tokoh Masyarakat lainnya. (Kausar).

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here