Ditengah Pendemi, Warga ‘Serbu’ Kantor Samsat Bener Meriah

0
462

Redelong, BMonline – Tidak seperti biasanya, puluhan warga yang berasal dari beberapa kecamatan di dataran tinggi Gayo “menyerbu” Kantor Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di jalan Bandara Rembele, Kampung Wih Pesan, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Kedatangan puluhan warga yang rata-rata kaum hawa bukan ingin melakukan unjukrasa, akan tetapi membayar Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor. Warga rela antre berjam-jam untuk mengurus pajak kendaraannya agar tidak terkena denda, walaupun di tengah Pendemi COVID-19.

Bustaman (38) yang merupakan warga Pondok Baru mengaku sengaja mendatangi kantor Samsat untuk memperpanjang pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) miliknya yang beberapa hari lagi akan mati.

“Saya baru tahu kantor Samsat sudah buka kembali, makanya saya datang pukul 10:00 WIB, namun orang sudah ramai, tapi mau gimana lagi saya harus rela antre menunggu untuk memperpanjang STNK agar nanti saat bepergian tidak terkena tilang pada saat razia,” ujarnya.

Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya didampingi Kasat Lantas AKP Sabirin melalui Kanit Regident Aiptu Saifuddin, M, kepada wartawan , Kamis 4 Juni 2020 mengatakan ramainya warga yang membayar Wajib Pajak (PP) kendaraan telah dirasakan sejak beberapa hari kemudia, pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Iya dalam beberapa hari ini ramai warga berduyun-duyun untuk mengurus pajak, mungkin mereka suda tahu bahwasan kantor Samsat sudah bukan kembali yang sebelumnya sempat tutup akibat Pendemi,” kata Saifuddin.

Walaupun demikian, di tengah wabah virus Corona, kata Saifuddin, pelayanan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti warga wajib memakai masker dan jaga jarak. Begitu juga pihaknya menyediakan sabun cuci tangan, hand sanitizer, hingga disediakan box penyemprotan disinfektan.

“Semua protokol kesehatan kita terapkan, bagi warga yang tidak mengunakan masker di larang masuk atau kita sarankan untuk membelinya,” cetus Kanit Regident.

Untuk itu, Aiptu Saifuddin berharap kepada warga Bener Meriah yang mempunyai kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat agar tetap patuh dan taat membayar pajak kendaraan, karena uang dari setoran pajak untuk rakyat.

Ketika ditanyak berapa jam siap untuk mengurus pajak, ia menyatakan hanya memakan waktu 10-15 menit, hanya saja tergantung pada jaringan internet, tutup Saifuddin seraya menuturkan setiap hari pihaknya melayani masyarakat yang mengurus pajak 50-70 orang perhari.(man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here