Gali Pasir, Penambang Sawangan Temukan Situs Candi

0
1242
Foto : Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba di dampingi Kapolsek AKP Tukimin meninjau situs Petirtan yang di temukan warga saat menggali pasir di Dusun Windusabrang, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Jumat (2/10/20). (Candra).

MAGELANG, Beritamerdekaonline.com – Penambang pasir manual di Dusun  Windusabrang, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, menemukan sebuah candi, Jumat (02/10/2020), penemuan itu disaat sedang menggali pasir, tiba tiba membentur sebuah batu yang di duga kemuncak, ternyata sebuah candi.

Diketahui, bahwa bagian candi tersebut ditemukan di lahan galian pasir manual milik Bukari warga Windusabrang. Bagian situs Candi tersebut terus di simpan di Kepala Dusun Windusabrang, Para penambang pun meneruskan penggalian pasir sekitar di temukannya situs tersebut sampai dasar Candi.

Foto : Kasat Pol PP Wisnu Harjanto dan Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba bersama pedagang UMKM di Sawangan Kabupaten Magelang. (Candra)

Kabar di temukan situs Candi ini, menjadi viral di Magelang, hingga orang nomer satu di Polres Magelang, Kapolres Magelang  AKBP Ronald A Purba SIK,SH., yang di dampingi anggotanya dan Kasat Pol PP Kabupaten Magelang Wisnu Harjanto, mendatangi situs tersebut di lokasi Dusun Windusabrang.

Untuk melihat penemuan situs Candi tersebut, menurut informasi dari anggota Penghayat Kapitayan Jawa di duga petilasan petirtan atau tempat pemandian. Situs ini letaknya diapit dua Sungai Juweh  aliran dari Gunung Merapi dan Sungai Sekutu aliran Gunung Merbabu.

Dari pantauan Beritamerdekaonline.com, diatas situs yang di temukan penambang manual ini, ada Sendang Tirta Nirmala yang airnya di jadikan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga dengan di alirkan melalui pipa pipa kecil, menuju ke rumah rumah warga dengan di sedot terlebih dulu dengan mesin pompa  listrik.

“Sebelum banyak orang yang tanya, saya cek lokasi dulu lokasinya di mana dan seperti apa kondisinya. Tadi juga pak dukuhnya mengatakan ke saya, kalau situs ini harus digali agar bisa menata dan melestarikan situs tersebut, karena merupakan sebagai bagian dari sejarah dan bisa jadi tempat wisata di daerahnya,” Ucap Kapolers Magelang.

Sementara itu, Kasat Pol Pp Wisnu saat bertemu dengan Kapolres Magelang di warung  di sawangan mengatakan, Kapolres Magelang di samping pemerhati situs sistus Purbakala juga sering memperhatikan usaha UMKM dengan mengajak anggotanya untuk menikmati makan di warung warung kecil seperti ini, agar usaha UMKM ini bisa terus bertahan dalam situasi pandemi seperti ini.

“Mengenai penemuan situs petirtan tersebut oleh warga penambang pasir manual, Saya berharap situs itu bisa di jaga dan lestarikan sebagai cagar budaya, serta bisa menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata,” ungkap Kasatpol PP. (Candra).

Penulis : Candra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here