Gempa Magnitundo Berkekuatan 5.2 Skala Richter Guncang Kabupaten Seluma

0
717

SELUMA, Beritamerdekaonline.com – Gempa mengguncang Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Kamis (3/9/2020), sekira pukul 23.02 Wib, gempa yang menunjukkan kekuatan Magnitundo 5. 2 Skala Richter.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat pusat gempa di kabupaten Seluma dengan Lintang -4.6, bujur 102,53, Kedalam 22 km, Wilayah 45 km barat daya Bengkulu Selatan, namun tidak berpotensi Sunami.BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Kabupaten Seluma untuk mewaspadai adanya gempa susulan.

Menurut salah seorang warga bernama Karman, yang juga sebagai imam masjid Ar Rahman di Desa Sido Luhur, kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, mengatakan, saat gempa itu terjadi dirinya sedang berada di masjid.

“Terasa agak bergoyang, bahkan soko masjid sempat bergoyang, saya langsung mencari tempat lapang untuk menghindari kalau bangunan masjid roboh akibat gempa,” Ucap Karman.

Lanjut Karman, pada tahun 2000 daerah Kabupaten Seluma termasuk daerah terparah akibat gempa, terutama di Desa Sido Luhur ini.

“Kalau tahun 2000 gempa terparah di Kabupaten seluma ini, bahkan sampai banyak meninggal akibat gempa tersebut. Kalau sekarang ini hanya retak retak pada bangunan rumah, tapi hal ini sudah biasa,” jelasnya.

“Namun Kami tetap waspada, jika terjadi gempa susulan yang lebih besar dari gempa saat ini, semoga saja tidak ada gempa susulan,” ungkapnya.

Diketahui, Gempa yang terjadi di Kabupaten Seluma ini, dirasakan hingga ke Kabupaten Kepahiang, Manna, Enggano ,Bengkulu Kota, Bengkulu Selatan dan Liwa Lampung barat.

Hingga berita di tayangkan belum ada informasi korban jiwa akibat gempa ini. Namun, BMKG meminta masyarakat untuk berhati hati dan waspada. ( Suripno)

Penulis : Suripno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here