Heboh, Ditemukan 6 Pucuk Senjata Api Kuno, di Galian Tanah Dekat Kantor Bupati Purworejo

0
4071
Foto : Inilah 6 senpi dan beberapa sajam kuno yang ditemukan di dalam tanah Komplek Setda Pemkab Purworejo. (Hery Priyantono)

PURWOREJO, Beritamerdekaonline.com – Penemuan tak sengaja benda-benda kuno berupa senjata api (senpi) dan beberapa senjata tajam (sajam), di tanah Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purworejo, pada akhir Juni 2020 lalu. Namun, baru terendus media ini, Kamis (23/07/2020) pagi tadi.

Penemuan senpi dan sajam diduga peninggalan masa penjajahan Pemerintah Belanda itu ditemukan pertama kalinya oleh seorang buruh bangunan bernama Eko Purnomo (32).

Kepada Wartawan Beritamerdekaonline.com, Eko menjelaskan kronologis awal dia tak sengaja menemukan sebanyak 12 benda kuno itu. 

Foto : PPK Proyek Pemvangunan Gedung Dispora Purworejo, Wiyoto, saat menunjukkan senpi kuno hasil temuan buruh bangunan. (Hery Priyantono)

Saat bertugas menggali tanah untuk pondasi, awalnya dia mengaku lancar-lancar saja. Baru setelah di kedalaman satu meter, tak sengaja mata cangkulnya membentur sebuah benda keras.

“Saat saya menggali tanah dengan alat cangkul, sekitar sedalam satu meter tiba-tiba mata cangkul saya membentur benda keras seperti batu. Lalu saya penasaran dan saya gali lagi disebelahnya. Lalu saya tarik dengan menggunakan tangan,” ucap Eko.

Setelah benda aneh ada dalam genggaman tangannya, lalu dia amati dengan seksama. Ternyata benda itu adalah sebuah senjata api kuno seperti laras panjang.

“Lalu senpi yang pertama itu saya ambil. Ternyata itu bedil (senpi),” ujar Eko.

Lalu dia melaporkan kejadiannya kepada Andi, salah seorang Tukang.

Lokasi tanah proyek yang  berada disisi barat hanya beberapa meter dari Kantor Dinas Bupati Purworejo atau tepatnya di Komplek Sekretariat Daerah (setda) tersebut, memang sejak satu bulan ini dilaksanakan proyek pembangunan.

Salah satu Tukang bernama Andi (34), menjelaskan lokasi tanah yang ditemukan senpi dan sajam kuno itu digali untuk keperluan membuat pondasi yang letaknya di sebelah barat lokasi proyek. Proses penggaliannya pada akhir Bulan Juni pada pagi hari sekitar pukul 09.30 sampai pukul 12.00 WIB.

“Awalnya satu senpi itu ditemukan. Lalu setelah dicangkul lebih dalam dan melebar ditemukan lagi oleh tenaga kami beberapa sajam. Lalu akhirnya ditemukan total 12 senjata,” terang Andi.

Pagi tadi, penemuan benda-benda kuno di lokasi proyek, mendapat kunjungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Sajiono, salah satu Pegawai di Dinparbud mengakui bahwa benda-beda mirip senpi dan sajam tersebut memang ditemukan di lokasi proyek.

“Setelah kami amati kami menduga benda-benda kuno itu adalah benda-benda peninggalan tentara jaman dahulu. Oleh karenanya menyarankan kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak TNI,” beber Saji.

Saji belum bisa memastikan benda-benda kuno itu berasal dari mana dan berusia berapa tahun. “Yang jelas itu benda-benda kuno, dan kita harus koordinasikan dengan peralatan militer,” sergahnya.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DPU yang menangani Proyek Pembangunan Gedung Dispora Pemkab Purworejo, Wiyoto menegaskan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi selain dengan TNI juga akan berkoordinasi dengan Pihak Kepolisian setempat.

“Karena benda-benda kuno ini adalah jenis senpi dan sajam, kami akan minta petunjuk TNI dan Polri,” ujar Wiyoto.

Wiyoto menjelaskan proyek Pembangunan Gedung Dispora Tahap 1 senilai Rp 9, 9 milyar dikerjakan oleh Kontraktor PT Yudha Perkasa Konsultan. (Hery  Priyantono)

Penulis : Hery  Priyantono

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here