Ini Sikap PAN di Pilkada Wonogiri

0
455
Foto : Ketua DPD PAN Wonogiri, Sunarmin. (Trianto Hery Suryono).

WONOGIRI, Beritamerdekaonline.com – Partai Amanat Nasional (PAN) Wonogiri merupakan salah satu partai politik (parpol) yang berhak mengusung pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri, 9 Desember mendatang. Dengan tiga kursi di DPRD Wonogiri, PAN bisa menjalin koalisi dengan semua parpol baik sebagai parpol pengusung atau pendukung.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Wonogiri, Sunarmin, Jumat (3/7/2020) dalam Whatsappnya, menjelaskan sikapnya di Pilkada serentak nanti.

“Pada prinsipnya kami selalu menjalin komunikasi yang baik dengan semua pimpinan parpol dab para tokoh masyarakat. Kami pun telah menyerap dan mnghormati semua masukan, pertimbangan serta ikhtiar politik para pihak dalam ikut serta mendinamisasi proses kontestasi Pilkada Wonogiri,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Wonogiri periode 2014-2019 ini, menjelaskan kontestasi itu muaranya untuk mewujudkan penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas dan menghasilkan produk pilkada atau kepala daerah yang berkualitas pula dan teruji dalam membangun Wonogiri kedepan.

Dia menyatakan dalam mengikuti tahapan proses pembelajaran, sikap PAN Wonogiri akan bermitra koalisi dengan partai apa dan mengusung pasangan calon siapa ada tiga pertimbangan.

Pertama, taat dan mengacu kepada peraturan organisasi PAN yang mengatur tentang juklak dan juknis penyelenggaraan tahapan pilkada dalam membangun koalisi resmi dan mengusulkan penetapan paslon yang akan diusung, didukung dan dimenangkan dalam kontestasi Pilkada 2020.

Kedua, membangun koalisi dengan parpol yang secara kongkrit memenuhi ketentuan UU Pilkada dan PKPU untuk mengusung dan mendaftarkan Paslon secara resmi ke KPUD serta parpol yang siap mengikat secara resmi dengan memufakati atas nota kesepahaman (MoU) yang dibuat bersama untuk bersama-sama mewujudkan Wonogiri yang berkemajuan dan masyarakatnya makmur dalam keadilan sesuai visi dan misi PAN untuk ikut berperan langsung dalam Sesarengan membangun Wonogiri lima tahun ke depan.

Ketiga, untuk menentukan siapa paslon yang akan diusung, didukung dan dimenangkan PAN mempertimbangkan, faktor hasil survey tentang elektabilitas atau eterpilihan figur calon.

Pertimbangan lain, hasil survei tentang tingkat kepuasan publik atas capaian kinerja calon incumbent petahana. Kemudian hasil survei dan keyakinan PAN tentang kemenangan paslon yang diusung.

“Karena dengan kemenangan tersebut nantinya paslon yang diusung bisa mengimplementasikan visi dan misi PAN untuk mmbangun Wonogiri yang berkemajuan dan mewujudkan masyarakat makmur dalam keadilan.

Akan bernaung kemana PAN, Sunarmin, menegaskan akan mengumumkan dalam waktu yang tepat. “Setelah mengingat dan mempertimbangan beberapa point di atas maka dengan parpol apa yang telah kami pilih untuk bermitra koalisi bersama dan paslon siapa yang akan kami usung, kami dukung dan akan kami menangkan tunggu saat tepat.”

Dia berjanji akan memberitahukan ke media. “Kami akan mengumumkan secaa resmi ke media dan publik sebgai tanggungjawab moral dan tanggungjawab politik kami kepada masyarakat Wonogiri.” (Trianto Hery Suryono).

Penulis : Trianto Hery Suryono

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here