Kembangkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN Ajarkan Seni Origami

0
469

GOMBONG, Beritamerdekaonline.com – Ainun Fitriana, seorang mahasiswi UIN Walisongo Semarang yang tergabung sebagai peserta KKN Reguler Dari Rumah Angkatan 75 Kelompok 103 mengadakan kegiatan pelatihan origami atau seni melipat kertas yang brasal dari Jepang kepada anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar rumah. Kamis (12/11/2020)

Tujuan utama dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk melatih atau meningkatkan kreativitas pada anak-anak usia 7-9 tahun. Selain tujuan utama tersebut, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh mereka karena keterbatasan aktivitas yang mereka lakukan selama adanya pandemi.

Ainun mengatakan Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk melakukan sesuatu hal yang baru atau melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa karya, ide-ide, dan lain-lain. Dengan adanya potensi yang kreatif dalam diri, seseorang dapat menunjukkan hasilnya baik yang berupa karya maupun ide-ide atau gagasan.

“Kreativitas sangat penting untuk mengembangkan semua potensi yang ada dalam diri seseorang dan dapat mengembangkan prestasi dalam diri seseorang secara optimal” terangnya.

“Mengembangkan kreativitas anak sejak dini merupakan suatu hal yang sangat penting, karena kreativitas sangat berpengaruh terhadap kemampuan kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak dalam mengekspresikan dan menciptakan suatu karya ataupun mengembangkan bakatnya,” jelasnya.

Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak adalah melalui pelatihan membuat suatu karya, contohya yaitu origami atau seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Banyak bentuk-bentuk atau model yang dapat diciptakan melalui origami baik yang tradisional maupun yang modern.

“Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat memilih hal yang disukai dan menciptakan suatu karya dari origami sesuai keinginan dan imajinasi mereka. Disini akan terlihat bahwa anak-anak mampu mengembangkan kreativitasnya dalam menghasilkan suatu karya melalui origami,”imbuhnya.

Ainun menambahkan dalam kegiatan ini, anak-anak diajarkan bermacam-macam bentuk yang dapat dibuat dengan menggunakan kertas origami. Untuk anak-anak perempuan, mahasiswi KKN mengajarkan cara membuat bunga dan kupu-kupu, dan untuk anak laki-laki diajarkan cara membuat kucing dan pesawat.

“Mereka dipandu dan diberi contoh cara membuatnya, metode yang digunakan tentunya adalah metode demonstrasi. Mahasiswi KKN menunjukkan cara membuatnya kemudian anak-anak memperhatikan dan mengikutinya,”ucapnya.

Setelah kegiatan berlangsung, hasil karya dari anak-anak diabadikan dengan dipotret dan kemudian ada beberapa karya yang dibawa pulang, ada juga yang ditinggalkan untuk hiasan kelas kecil mereka di RUMAJAR yang telah didirikan oleh mahasiswi KKN yang dalam hal ini adalah Ainun Fitriana. Anak-anak sangat antusias mengikutinya, salah satunya yaitu Fera yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan membuat dirinya belajar membuat hiasan dari kertas lipat yang untuk selanjutnya akan dipraktekan di rumah dan hasilnya akan dipasang dikamarnya.

Selain itu, Aski mengungkapkan bahwa agar kegiatan seperti ini sering dilaksanakan agar dirinya dan teman-temannya dapat belajar lebih banyak lagi untuk membuat sebuah karya seni. (Didik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here