Kepala KPPN Purworejo Serahkan DIPA APBN 2020

0
684
Foto : Kepala KPPN Purworejo, Lurensia Firmani, saat menyerahkan DIPA kepada perwakilan satker, di Gedung Aula Artha Kencana, Rabu pagi (4/12/2019). (Hery Priyantono)

PURWOREJO, BM – Sebagai pelaksana tugas di daerah, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purworejo, wajib mendukung tema dan strategi dalam melaksanakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020.

Pelaksanaan anggaran yang mengacu spending better, harus dan wajib dilakukan bagi pengguna anggaran. Dalam  spending better penyerapan anggaran harus selalu diimbangi dengan capaian output.

Bahkan, seperti yang dipesankan Presiden RI Joko Widodo, bahwa seluruh elemen pemerintah harus memastikan bahwa dana yang dikeluarkan oleh APBN harus berpedoman pada pola, Not Just Sent but Delivered.

Bahwa penyerapan bukan satu-satunya yang mutlak harus dipenuhi, namun lebih dari itu, bahwa penyerapan harus diimbangi dengan output yang dihasilkan.

Demikian diungkap oleh Kepala KPPN Purworejo, Lurensia Firmani, pada Acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2020 untuk sejumlah satuan kerja (satker) vertikal, yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen, di Aula Gedung Artha Kencana KPPN Purworejo, pada Rabu (04/12/2019), pagi tadi.

Dijelaskan Lurensia, hasil  evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 telah rampung.  “Oleh karenanya, dari hasil evaluasi Tahun Anggaran 2019 kita hasilkan langkah-langkah strategis Pelaksanaan Anggaran untuk TA 2020 nanti,” ucap Lurensia.

Dibeberkannya, ada lima langkah strategis untuk melaksanakan Dana APBN 2020. Yakni,  melakukan penyesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kedua; meningkatkan efektivitas pelaksanaan kegiatan, ketiga; meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi, keempat; meningkatkan efesiensi pelaksanaan kegiatan dan terakhir; mempercepat proses pengesahan hibah langsung dalam bentuk uang.

Hadir dalam acara tersebut, sejumlah pejabat satker vertikal, seperti Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, Perwakilan dari Pengadilan Negeri, Perwakilan dari Polres, Kepala Departemen Agama Purworejo dan Kebumen,  sejumlah perwakilan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), dan sebagainya.

Lurensia menambahkan bahwa tahun 2020 KPPN Purworejo menerima APBN senilai Rp 703 miliar. “Sejumlah itu untuk pelaksanaan anggaran 2020 sebanyak 52 satker di dua wilayah, yaitu Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen,” urai wanita asal Yogyakarta ini.  (Hery Priyantono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here