Lepas Sartus Personil Relawan Ke Dua Daerah, Ganjar Berpesan : Masyarakat Jateng Tetap Wapada dan Hati-Hati Hadapi Cuaca Ekstrim

0
275
Foto : Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Saat melepas seratus personil relawan ke dua daerah di Jakarta dan Jawa Barat, Senin (06/01/2020) Pagi tadi usai Apel Pagi. (Budi Supriyatno).

SEMARANG,BM – Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berangkatkan Seratus orang personil terlatih dalam membantu korban banjir DKI Jakarta dan Jawa Barat, pada Senin (06/01/2020), di halaman Gubenur Jawa Tengah.

Seratus personil itu, kata Gubenur, tidak hanya dari personil BPBD Jawa Tengah saja. Namun, dari berbagai BPBD Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dan mereka benar-benar terlatih dan terpilih sebelum di berangkatkan.

“Tidak hanya dari unsur BPBD saja, dari PMI, Relawa, Tagana, NU, Muhammadiyah, SAR, dan yang lainnya, ikut dalam membantu korban banjir yang di Jabotabek ini,” ucap Ganjar.

Lanjutnya, Sebelumnya pemerintah provinsi Jawa Tengah sudah mengirim bantuan logistik pada korban banjir pada (03/01/2020) kemarin, beserta lima puluh orang personil. Saat ini pemerintah mengirim tambahan personil sebanyak seratus orang ke lokasi korban banjir.

“Tentunya mereka ini sudah terlatih dan memiliki kekuatan dalam membantu para korban banjir disana, saya berharap mereka dapat semaksimal mungkin membantu korban banjir, ya sesuai kekuatan yang mereka punya dalam diri relawan,” jelasnya.

“Saya berpesan, kepada semua personil yang  berangkat, karena ini ibadah kegiatan ini, jadi saya harap untuk selalu memberikan informasi situasi di lapangan. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik Jawa Tengah dan tidak merepotkan di sana,” imbuhnya.

Dia menambahkan, terkait bencana yang terjadi di Jateng, beberapa daerah yang sudah melaporkan adanya banjir yang terjadi kemarin, seperti di wilayah Kabupaten Kudus dan Pati. Namun semuanya sudah dapat diatasi oleh daerahnya sendiri.

Ia juga berpesan, curah hujan masih cukup tinggi, masyarakat Jawa Tengah untuk selalu tetap waspada dan selalu berhati-hati untuk yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kita sudah petakan daerah yang rawan bencana di Jawa Tengah, dan juga kita telah persiapankan Jalur evakuasi, lokasi pengungsian, semua siap dan masyarakat juga harus waspada serta berhati-hati, karena curah hujan yang masih sangat tinggi di Jawa Tengah ini,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sudaryanto mengungkapkan, dari 100 orang personil yang diberangkatkan hari ini, akan dibagi menjadi 2 tim yaitu 50 personel diperbantukan di wilayah Jakarta, sedangkan 50 orang personil lainnya di perbantukan di wilayah Jawa Barat.

“Kita bagi dua tim, satu tim berada di wilayah Jakarta dan satu tim lainnya kita kirim ke Jawa Barat, namun sewaktu-waktu mereka bisa saja di geser jika satu titik lokasi sudah selesai, untuk membantu pada titik daerah lainnya,” ungkap Sudaryanto. (Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here