Majukan Kopi Bengkulu, Kantor Perwakilan BI Bengkulu bersama IKI Siapkan SDM Kopi Unggul dan Berdaya Saing

0
896
Kantor Perwakilan BI Bengkulu bersama IKI Siapkan SDM.

Bengkulu, Beritamerdekaonline.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas produksi Kopi Bengkulu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu bekerja sama Institut Kopi Ilmiah (IKI) Cabang Bengkulu meyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pasca Panen Kopi: Roasting dan Cupping Class II di Asrama Haji Provinsi Bengkulu tanggal 15-17 September 2021.

Pelatihan ini diikuti 15 pelaku kopi yang telah lulus seleksi tingkat Provinsi Bengkulu dengan berbagai profesi meliputi petani kopi, pelaku UMKM kopi dan pemilik coffee shop.

Pelatihan ini diisi narasumber yang kompeten di bidang pengolahan kopi dengan fokus materi dan praktek meliputi 4 topik yang terdiri dari pengolahan pasca panen, roasting, uji cita rasa, hingga basic brewing.

Kegiatan Roasting dan Cupping Class ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu Joni Marsius.

Dalam sambutannya, Bank Indonesia sangat mendukung kemajuan pengembangan kopi di Bengkulu sebagai komoditas unggulan Provinsi Bengkulu sejalan implementasi Roadmap Pengembangan Kopi tahun 2020-2025. Salah satunya adalah pelaksanaan pelatihan pada tiga (3) hari ini sebagai media untuk meningkatkan kemampuan kompetensi SDM kopi dalam mengolah pasca panen kopi hingga sisi hilir.

Harapannya melalui pelatihan ini dapat meningkatkan daya saing kopi Bengkulu dengan memperhatikan kualitas dan penerapan proses produksi yang baik.

Abd. Khafi, Ketua Institut Kopi Ilmiah Cabang Bengkulu menyatakan kesiapannya untuk memberikan pelatihan kepada 15 peserta yang telah diseleksi secara ketat.

Menurutnya, pelatihan seperti ini merupakan kesempatan emas bagi para peserta untuk mengasah kemampuan terkait mutu kopi.

“Kami sebagai bagian dari pelaku kopi Bengkulu, bersama KPw BI Provinsi Bengkulu, secara prinsip siap mendorong kemajuan petani kopi dan UMKM kopi Bengkulu” ungkapnya.

Lebih lanjut Abd. Khafi menjelaskan Institut Kopi Ilmiah memiliki visi membentuk wirausaha dengan SDM unggul dalam pengembangan UMKM kopi yang berkelanjutan.

Selain itu, misi yang ingin dicapai adalah menumbuhkan etika, moralitas, pengembangan diri UMKM kopi, sekaligus memotivasi UMKM kopi untuk tumbuh berkembang dengan pendampingan proses produksi kopi. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here