Makam Wanita Cantik di Rembang Akhirnya Dibongkar, Apa Tujuannya?

0
10326
Foto: Situasi pembokaran makam Rupi’ah (30) yang berada di pemakaman umum Desa Pohlandak, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Selasa (04/08/2020) pagi tadi. (Minan).

REMBANG, Beritamerdekaonline.com– Makam wanita cantik bernama Rupi’ah (30) yang berada di pemakaman umum Desa Pohlandak, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah akhirnya dibongkar oleh petugas forensik Kepolisian bersama tim medis. Selasa (04/08/2020) pagi tadi.

Sebelumnya, Rupi’ah (30) meninggal dunia pada 17 Juli 2020 lalu yang ditemukan tewas dalam kondisi tergantung di rumahnya.

Pembongkaran makam kali ini, bertujuan untuk memastikan apa penyebab meninggalnya wanita cantik bernama Rupi’ah (30) apakah murni bunuh diri atau dibunuh. Sampai saat ini dugaan sementara penyebab meninggalnya wanita cantik bernama Rupi’ah (30) adalah bunuh diri.

Dyah Pratiwi, merupakan adik kandung korban mengaku dari pihak keluarga menganggap ada sejumlah kejanggalan, sehingga mengajukan pembongkaran makam kepada pihak Kepolisian.

“Sebelumnya, tetangga sekitar sempat mendengar ada pertengkaran di dalam rumah Rupi’ah. Karena pertengkaran semacam itu sering terjadi dengan sang suami siri, sehingga warga tidak begitu merespon,” ucapnya.

Saat itu, lanjut Dyah pada Jumat, 17 Juli 2020 lalu sekira pukul 07.00 WIB, ia ditelefon oleh suami siri Rupi’ah, yang mengabarkan bahwa kakaknya sudah tidak ada alias meninggal dunia. Spontan ia bersama ayahnya langsung ke lokasi kejadian.

“Begitu tiba dirumahnya, saya melihat posisi korban sudah dipangku suami sirinya. Waktu saya ditelefon, suami siri mbak saya ya histeris gitu, bilang mbak sudah meninggal dunia, Saya yakin mbak saya nggak bunuh diri, saya tahu persis kakak saya seperti apa,”ungkapnya.

“Secara pribadi saya mengaku tidak percaya, apalagi tidak ditemukan tanda – tanda lidah menjulur, mata terbelalak dan keluar kotoran sebagaimana korban bunuh diri pada umumnya,”tegasnya.

Dyah menambahkan, pasca kejadian keluarga sempat mengira jenazah sudah diautopsi, tapi ternyata sebatas divisum petugas medis. Sementara pihak keluarga masih bingung dan konsentrasi menjalani pemeriksaan di kantor polisi, sehingga tidak berpikiran sejauh itu.

“Saat jenazah tiba di rumah, langsung dimakamkan di pemakaman umum, sebelah utara rumah korban. Lantaran spekulasi bunuh diri atau dibunuh terus mencuat, pihak keluarga mengajukan autopsi, agar semua jelas,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh kakak ipar korban, Ali Akhyar saat kejadian, dirinya tidak berada di Desa Pohlandak, karena tinggal di Cikarang, Jawa Barat. Almarhumah Rupi’ah sebelumnya sudah berencana main ke Cikarang. Tapi tahu-tahu ia menerima kabar duka kematiannya.

“Masalah penyebab kematian Rupi’ah harus dibongkar tuntas. Kalau tidak, justru akan menjadi ganjalan bagi keluarga saya,” Imbuhnya.

“Soalnya kan masih tanda tanya dan ganjalan bagi keluarga saya. Kalau dari pihak keluarga menginginkan diautopsi sejak awal. Orang awam, kondisi juga lagi bingung, kemudian penawaran autopsi nggak ada. Ya sudah akhirnya baru terlaksana sekarang, semoga nantinya semua menjadi jelas, “ tandasnya.

Kepala Desa Pohlandak, Mundasir mengatakan pihaknya berharap setelah adanya proses pembongkaran makam Rupi’ah (30) kali ini, tidak ada lagi muncul dugaan – dugaan maupun spekulasi masyarakat, terkait meninggalnya Rupi’ah.

“Nantinya apapun hasilnya, masyarakat harus menghormati hasil autopsi tersebut,” pintanya.

“Terop, air dan tempat pengecekan jenazah yang diminta pihak keluarga, kemudian dari pihak Kepolisian, sudah kita siapakan dari pihak desa semua,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Rembang, AKP Bambang Sugito menerangkan berdasarkan pemeriksaan tim medis usai kejadian, kesimpulan sementara korban bunuh diri. Namun karena ada permintaan dari pihak keluarga untuk autopsi, Kepolisian memfasilitasi pembongkaran makam tersebut.

“Total ada 7 orang, yakni 4 orang dari Bid Dokkes Polda dan 3 orang lainnya dari tim medis yang terlibat autopsi,”pungkasnya. (Minan)

Penulis : Minan

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here