Menteri ATR/BPN : Sofyan A. Djalil, Tanah Milik Masyarakat, tanah Wakaf, tanah aset milik Pemda serta BUMN menjadi Target Program di Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2022

0
539

Karawang, beritamerdekaonline.com – Sabtu (15/01/2022) Melansir halaman resmi dan media sosial Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus melakukan percepatan pendaftaran tanah, tidak hanya tanah milik masyarakat, melainkan juga tanah wakaf serta tanah aset milik pemerintah daerah (Pemda) serta Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. “Kita sadari semua pihak punya masalah dengan tanah. Pemda punya aset namun ada yang dokumentasinya tidak jelas. Begitu juga tanah-tanah wakaf, ada yang digugat oleh ahli waris,” kata Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, usai menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat di Hotel The Rinra, pada Rabu (05/01/2022).

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan bahwa kini Kementerian ATR/BPN menjalankan program untuk mempercepat pendaftaran tanah. “Semua tanah wakaf kita disertipikatkan. Untuk mempermudah hal itu, sudah ada peraturan menterinya, yang menyatakan jika tidak ada wakaf, maka cari dua orang saksi yang mengatakan ini tanah wakaf, itu sudah cukup,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Pada kesempatan itu, Menteri ATR/Kepala BPN menyatakan bahwa pendaftaran tanah aset milik BUMN juga menjadi perhatian Kementerian ATR/BPN. Ia menyebutkan bahwa aset milik PT PLN banyak dan saat ini terus didaftarkan oleh Kementerian ATR/BPN. “Banyak yang sudah diselesaikan dan ada yang bermasalah yang memang membutuhkan ekstra efforts,” ujar Sofyan A. Djalil.

Menteri ATR/Kepala BPN menyerahkan sertipikat Hak Pakai kepada para Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Selatan. “Kementerian ATR/BPN terus berkomitmen mendaftarkan aset milik Pemda. Sertipikat Hak Pakai yang bapak terima hari ini merupakan simbol supaya aset tanah dapat menjadi tertib,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Dengan diberikan sertipikat Hak Pakai itu, Menteri ATR/Kepala BPN berharap aset tanah Pemda tidak hilang dan dapat didokumentasikan dengan baik.

Editor : Kang yana

Sumber : Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here