Pemdes Karang Are Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19

0
776
Penyampaian materi oleh narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Virus Corona (Covid-19).

Bengkulu Tengah, Beritamerdekaonline.com – Guna mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Desa Karang Are, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah, Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Are menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19.

Pembagian tempat cuci tangan, obat-obatan dan masker untuk warga Desa Karang Are disaksikan Babinsa dan Tenaga Ahli Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kepala Desa Karang Are Meri Susanto mengatakan, pihaknya ingin Desa Karang Are ini terbebas dari Covid-19. Untuk itu, dirinya bersama Pemerintah Desa Karang Are menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Penyediaan tempat cuci tangan dan obat-obatan masyarakat.

“Ini agar masyarakat sadar betapa bahayanya virus corona, maka dari itu diminta masyarakat untuk selalu mematuhi standar protokol kesehatan yang sudah pemerintah sosialisasikan yakni dengan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menerapkan prilaku hidup sehat dan memeriksa kesehatan ke dokter,” pinta Kades Kareng Are, di Kantor Desa Karang Are, Jumat (11/06/2021).

Satgas Covid-19 persiapan pelaksanaan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD)
lengkap.

Tak hanya itu, lanjut Kades, kegiatan ini dilakukan juga agar bisa mengedukasi masyarakat dalam melakukan pencegahan dari penyebaran virus corona khususnya di Desa Karang Are ini.

“Tentunya saya tidak ingin warga kita ada yang terkena virus corona,” tegas Meri.

Dirinya juga telah membentuk Satgas penanganan Covid-19 yang bertugas untuk melakukan sosialisasi Covid-19 kepada masyarakat, mendata penduduk yang rentan, mendata fasilitas kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum, pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP).

“Serta memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan dalam rangka physical distancing. Sedangkan dalam konteks penanganan, Satgas dapat merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri baik dirumah masing-masing dengan pemantauan ataupun tempat isolasi yang telah disiapkan desa,” jelas Meri.

“Dengan upaya yang dilakukan ini, sambil berdoa kita mudah-mudahan pandemi bisa segera berakhir agar masyarakat bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya tanpa khawatir dengan pandemi,” harap Kades Meri.

Usai kegiatan tersebut, dilakukan juga pembagian tempat cuci tangan, obat-obatan dan masker kepada warga Desa Karang Are disaksikan langsung Babinsa dan Tenaga Ahli Kabupaten Bengkulu Tengah serta undangan lainnya. (Adv)

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here