PIM Persiapakan Generasi muda Siap Saing dalam menghadapi dunia Usaha

0
242
Foto: kegiatan program Youth Entrepreneur Ship ( YES)  berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) ini dibuka langsung oleh Yuanda Wattimena selaku Senior Vice Presiden Sekretaris Perusahaan & Tata Kelola.

Berita Merdeka online, Aceh Utara – Dalam bentuk kepedulian terhadap generasi muda, PT. Pupuk Iskandar Muda menggandeng Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan  Industri Daerah (FKLPID) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh dalam rangka kolaborasi pelatihan kerjasama program Youth Ship (YES) Training bidang pelatihan pemeliharaan dan perbaikan AC bagi pemuda Desa lingkungan PT. Pupuk Iskandar Muda yang ada di beberapa desa dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Selasa (19/10/2021)

kegiatan program Youth Entrepreneur Ship ( YES)  berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) ini dibuka langsung oleh Yuanda Wattimena selaku Senior Vice Presiden Sekretaris Perusahaan & Tata Kelola, di dampingi oleh Plt. Asisten Vice Presiden Jufri, AVP Diklat beserta Staf, pada kesempatan ini pihak BLK dihadiri  langsung oleh Bapak  Rahmad Faisal, S.T selaku kepala BLK Kota Banda Aceh dan ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan  Industri Daerah (FKLPID) Bapak Muhammad Ikhsan, beserta staf, dari lingkungan dihadiri oleh para kepala desa, Ketua Karang Taruna serta Ketua Pemuda yang ada pada lingkungan perusahaan.

SVP Sekper dan Tata Kelola, Yuanda Wattimena “Program Youth Entrepreneur Ship (YES) digelar guna untuk meningkatkan kualitas pekerja dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) putra-putra lingkungan perusahaan, serta membuka lapangan kerja bagi masyakat khususnya pada pemuda-pemuda yang ada di Desa lingkungan perusahaan”ucapnya.

“kali ini mengambil bidang pelatihan teknisi  Air Conditioning (AC) perkantoran dan perumahan yang di ikuti sebanyak 16 orang peserta sebagai perwakilan dari 6 Desa binaan PT PIM antara lain yaitu Desa Blang Naleung Mameh, Keude Krung Geukuh, Tambon Baroh, Tambon Tunong, Paloh Gadeng dan Dusun Madat, diharapkan pemuda-pemuda lingkungan bisa mandiri dengan bekal keahlian yang didapat setelah mengikuti pelatihan ini. Ini menjadi awal yang bagus untuk usaha memajukan pemuda-pemuda lingkungan disegi keahliannya, team TJSL diharapkan dapat menginisiasi lebih banyak lagi program-program serupa supaya bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah terkait kesenjangan dilingkungan perusahaan “Ujarnya”

Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmat Faisal S.T menuturkan usai pelatihan pada kegiatan Program Youth Entrepreneur Ship (YES) dapat mencetak SDM-SDM yang mempunyai daya saing di dunia kerja dan berwirausaha bidang teknisi AC.

“Usai ini peserta menjadi pekerja mandiri, peserta pelatihan akan dilakukan tes kelulusan saat berakhir pelatihan dan akan dilakukan sertifikasi keahlian” Tuturnya

“ini program pertama yang kita laksanakan setelah dilakukan penandatanganan MoU beberapa waktu lalu, setelah ini silahkan saja kita lakukan kesepakat lagi dengan program-program lain, kami BLK dan FKLPID  siap mendukung pelaksanaannya.“Katanya.

Geuchik Desa lingkungan Perusahaan diwakili oleh M.Jaffar dalam sambutannya menyampaikan terimaksih atas kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda yang menginisiasi kerja sama dengan pihak Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh.

“kami selaku pihak desa sangat mendukung dengan adanya program Youth Entrepreneur Ship (YES) ini karena menunjang masyarakat di desa kami dalam memberdayakan anak-anak muda usia produktif sehingga berkurangnya angka pengangguran sehingga terciptanya masayarakat yang rukun damai dan tentram sehinga tidak ada lagi problema kesenjagan sosial dikarenakan masalah pekerjaan yang berujung ke masalah ekonomi” harapnya.

PT PIM berharap bisa membangun dan menumbuhkan minat anak-anak muda kita sebagai pelaku usaha secara inklusif dan kolaboratif dengan berbagai pihak, Semoga masyarakat dan anak-anak muda dapat bangkit lagi setelah cukup lama di hantam oleh pandemi Covid-19 yang melumpuhkan banyak sektor usaha produktif sehingga ekonomi menjadi lesu dan banyak masyarakat kehilangan mata pencahariannya, sejalan dengan motto program kita kali ini “Learn from the past, live for the today, and plan for tomorrow” anak muda harus optimis bisa meraih peluang dengan mengasah berbagai keahlian dan siap bersaing, kedepan. (zulkifli)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here