RDP dengan Kemendes PDTT, Senator Fachrul Razi Perkenalkan Program Smart Gampong Aceh

0
1657

LHOKSUKON, beritamerdekaonline.com – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Desa PDTT.

Dalam rapat melalui daring, Senator ikut memperkenalkan Program Smart Gampong Aceh didamping perangkat desa percontohan Matangkuli, Lhoksukon, Aceh Utara. Senin (9/11/2020)

Program Smart Gampong adalah sebuah Aplikasi cerdas yang memudahkan perangkat desa diera serba digital.

“Aplikasi Smart Gampong atau Smart Desa adalah potensi-potensi desa yang bisa kita petakan serta Smart Living yang biasa kita sebut dengan kehidupan sosial budaya masyarakat yang ada desa masing – masing,” ucap senator

“Saya coba mengembangkan Ini kita buat pilot project ditiga kabupaten kemudian beberapa desa sudah menerapkan sistim smart desa ini langsung binaan kita dengan menggunakan satu data,” ujarnya Senator Fachrul razi.

Lanjut Senator, Semua masyarakat dapat menggunakan aplikasi ini di play store dan dia bisa langsung melihat bagaimana data desanya masing-masing bersamaan dengan profil gampong nya dia bisa tau jumlah penduduk dan sebagainya administrasi gampong bahkan perkembangan Covid didesa, dikabupaten, sampai tingkat nasional maupun dunia.

Senator juga mengatakan, bahwa Aplikasi Smart Gampong dapat dijadikan rujukan sebagai memonitoring dana desa dan transparansi gampong

“terkait dengan surat menyurat juga dapat diunduh di aplikasi smart gampong terpusat dalam satu data, aplikasi seperti ini bisa dibuka di hp masyarakat dimanapun berada,” tutupnya. (Zulkifli)

Contoh Video di HTML

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here