Tentang Beritamerdekaonline.com

Beritamerdekaonline.com adalah salah satu media online berbadan hukum pers di Indonesia. Berdirinya beritamerdekaonline.com pada tanggal 6 April 2015. Beritamerdekaonline.com hadir pertama kali di Provinsi Bengkulu. Sebelumnya, nama media online Beritamerdekaonline.com, telah digunakan pada media cetak yaitu koran mingguan Berita Merdeka dan sekarang pun korannya masih tetap eksis.

Melihat perkembangan teknologi saat ini dan kebutuhan akses informasi berupa berita yang cepat dan akurat menjadikan media Berita Merdeka yang sebelumnya koran menjadi media online.

Sebelum mempunyai domain sendiri, media online Beritamerdekaonline.com sempat berbentuk blogspot. Dengan dorongan pembaca dan founder akhirnya mempunyai domain sendiri.

Beritamerdekaonline.com dengan slogannya Akurat, Lugas dan Berimbang, ini menjadi pedoman bagi redaksi untuk menyajikan pemberitaaan yang akurat, lugas dan berimbang

Adapun tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca harian Beritamerdekaonline.com di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh jaringan distribusi koran Berita Merdeka itu sendiri. Dengan hadirnya media online Beritamerdekaonline.com, para pembaca mingguan koran terutama di Provinsi Bengkulu, tidak perlu menunggu beberapa hari seperti biasanya. Sekarang setiap hari Beritamerdekaonline.com menyajikan berita-berita terupdate dari berbagai daerah di Indonesia.

Melihat potensi dunia digital yang besar, Beritamerdekaonline.com yang cukup dikenal oleh pembaca di Provinsi Bengkulu kemudian terus dikembangkan hingga menjangkau berita-berita di berbagai daerah Indonesia dengan menyertakan Kepala Biro Perwakilan dan koresponden/wartawan dihampir di seluruh Provinsi di Indonesia.

Dengan adanya Kepala Biro Perwakilan dan koresponden/wartawan dihampir di seluruh Provinsi di Indonesia tentunya memberikan dampak pada pembaca media online Beritamerdekaonline.com meningkat pesat seiring dengan tumbuhnya pengguna Internet di Indonesia. Mengakses informasi dari internet kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita sehari-hari. Dunia digital pun terus berubah dari waktu ke waktu. Beritamerdekaonline.com terus berbenah diri.

Kanal-kanal berita ditambah. Produktivitas sajian berita ditingkatkan demi memberikan sajian informasi yang update dan aktual serta akurat kepada para pembaca. Rebranding Beritamerdekaonline.com ingin menegaskan bahwa portal berita ini ingin hadir di tengah pembaca sebagai acuan bagi jurnalisme yang baik di tengah derasnya aliran informasi yang tak jelas kebenarannya.

Selain itu, Beritamerdekaonline.com ingin memosisikan diri sebagai media yang selalu menyajikan informasi dalam perspektif yang obyektif, utuh, independen, tidak bias oleh berbagai kepentingan politik, ekonomi, dan kekuasaan.

Karena itu, Beritamerdekaonline.com tidak hanya menyajikan informasi terkini dalam bentuk berita hardnews yang update mengikuti nature-nya media online, tapi juga berita utuh dalam berbagai perspektif untuk menjelaskan duduknya perkara sebuah persoalan yang kerap simpang siur.

Reportase utuh kami sajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari hardnews, softnews/feature, wrap-up berbagai isu yang disajikan tiap pagi, liputan khusus yang memberikan kelengkapan update informasi tiap saat, hingga liputan mendalam berupa long-form.

Laporan mendalam atau indepth kami sajikan dalam bentuk berita. Media online dituntut menyajikan berita secara cepat. Namun, bagi media online Beritamerdekaonline.com kecepatan bukan segalanya. “Get it first, but first get it right” adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh.

Redaksi tak langsung menelan mentah-mentah apa yang dibicarakan  di media sosial. Tim bekerja untuk memfilter informasi, baik informasi di lapangan maupun informasi di media sosial, apakah fakta ataukah hoaks.

Demi mendapatkan kebenaran jurnalistik itu kami disiplin melakukan verifikasi atas fakta dan data yang kami dapatkan di lapangan atau di media sosial. Ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses verifikasi: observasi lapangan, narasumber, dan data.

Demikan semua tentang media online Beritamerdekaonline.com.