UGL Aceh Gelar Seminar Bersekala Nasional

0
488
Foto : ketua komisi II DPR-RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung pada acara seminar nasional UGL Aceh

Kutacane, Berita Merdeka Online-Universitas Gunung Leuser Aceh (UGL Aceh), pertama kalinya menggelar seminar Nasional dengan bertemakan Peran Pemuda dalam Menyukseskan Penyelenggaraan Pesta Demokrasi  ( Pemilu dan Pilkada ) di pelataran kampus UGL Kutacane, Kamis 14/10 2021.

Seminar bersekala nasional tersebut mengahdirkan tiga narasumber yakni  Ketua Komisi II DPR-RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung , anggota Komisi IV  DPR- RI Alien Mus dan M. Salim Fakhry , komisi IV DPR-RI.

Ketua umum Yayasan UGL Aceh, dr. Buhari, menyampaikan dalam pidatonya pemuda sebagai agent of change atau tulang punggung bangsa yang diharapkan dimasa sekarang sebagai penerus kebudayaan bangsa.

Generasi muda merupakan individu yang sangat kritis dalam menganalisa regulasi, dan sangat peka akan sosok pemimpin yang tepat untuk kemajuan negara ini kedepannya,  untuk itu peran pemuda akan terlibat pada momentum penyelenggaraan pesta demokrasi yang beberapa tahun lagi.

Para pemuda yang cerdas masih memiliki jiwa idealis, dengan begitu diharapkan dapat berperan aktif demi memajukan pilkada yang sehat, karna pemuda masih tetap menjaga titik waras sebuah demokrasi, sebut Buhari.
Sementara Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, yang juga selaku  Pembina Yayasan Pendidikan Gunung Leuser ( YPGL) berharap Seminar yang pernah dana dilakasanakan ini sebagai tujuan untuk membuka wawasan pemuda akan peran aktif dalam pesta demokrasi yang akan datang, sebab peran pemuda amat strategis  dalam penyelenggaraan demokrasi.

” Pemuda dan  mahsiswa memiliki potensi  strategis  sebagai tulang punggung bangsa dan dijadikan sebagai aset dalam membangun negara”, sebut Raidin

Peran pemuda diharapkan juga  akan terlihat dalam momentum  dan  mengawal keberlansungan Pilkada dan pemilu, karena pemuda di harapkan sebagai titik waras dalam pesta demokrasi yang akan datang.

Selain itu, pemuda dan mahsiswa  juga diharapkan dapat berkarakter  mandiri  dan rela berkorban demi kepentingan bangsa .

Melalui seminar ini,  pemuda dan mahasiswa agr tidak terjebak dalam praktisi politik dan dapat menghindari fenomena politik uang .

“Semoga pemilu dan Pilkada yang akan datang peran pemuda dan mahasiswa  wajib sebagai garda terdepan dalam mengawal keberlansungan dan  demokrasi yang berkualitas,” pungkas Raidin Pinim.

Ketua komisi II DPR-RI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, mengatakan persahabatan harus senantiasa kita kukuhkan, karna yang memerdekakan bangsa ini dijalin adanya persahabatan-persahabatan karena merasa sepenasip dan sepenangungan, kemudian lahir semangat dan lahir roh baru tercapai tujuan, dalam hal itu peran pemuda sudah lama menonjol sejak penjajahan sampai sekarang, ucapnya. (Basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here