UPGRADING/UPSKILLING TRAINING BAGI GUIDE

0
108
Foto : Peserta Upgrading

Jogjakarta, BMon – Berita Merdeka OnlineMasa Pandemi selama tahun 2020 hingga maret 2021 seolah- olah kita melewati masa yang menyeramkan bagi para pelaku pariwisata di jogjakarta.

Pemerintah lewat Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bidang SDM dan Kelembagaan,khususnya peningkatan kompetensi SDM pariwisata,yang di komandani oleh Surana.

Team BMon (Berita Merdeka Online) berhasil menemui Surana di tengah kesibukannya pada acara Upgrading/Upskilling training bagi Pemandu Wisata di jogjakarta, menurut Surana, kegiatan ini telah lama di rencanakan yang di danai oleh Word Bank untuk pengembangan SDM wisata misalnya BPY (Borobudur,Prambanan, Yogyakarta),Toba dan sekitarnya, Mandalika/Lombok, kata Surana.

Yang paling berdampak adanya Covid 19 adalah Pemandu wisata, karena mereka adalah freeline tidak ada yang bergaji tetap, ada pekerjaan baru di bayar.

Kegiatan upgrading/upskilling ini untuk memberikan pelatihan dan merefresh supaya ingat lagi karena sudah lama diam di rumah dan di berikan materi yang kekinian, kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 80 guide dengan berbagai spesifikasi bahasa asing dan pemandu desa wisata, berlangaung tgl.1-4-Maret 21 papar Surana.

Misalnya materi story telling, kita boleh ngecap tapi tidak menipu, supaya menarik tidak hanya baca buku.
Materi CHSE : Clear, Health, enviroment/ramah lingkungan ini untuk menggalakkan kegiatan pemandu dari awal hingga akhir,sepertinya memang kita di ingatkan Allah bahwa selama ini kita ceroboh tetapi tidak ada kata terlambat, imbuh Surana.

Salam sehat semuanya

Penulis : Agus Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here