banner 1028x90

UPTD Dayah Salurkan Depot Air Minum Ke 24 Pasantren Di Agara

KUTACANE, Beritamerdekaonline.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dayah Aceh Tenggara, menyalurkan bantuan mesin air minum (hexagonal) ke Pesantren (Dayah),

Penyerahan mesin itu dilakukan secara simbolis,yang turut hadir Wakil Bupati Bukhari, beserta jajaran OPD diantaranya, Sekda, Asisten II dan III, Kepala Dinas dan para Camat,dan acara itu berlangsung di Oproom Setdakab setempat, pada Selasa (17/11/2020).

Pada kesempatan itu, Kepala UPTD Dayah Agara,Samri mengatakan, bantuan mesin air minum hexagonal ini diberikan kepada 24 Pasantren (Dayah),bantuan tersebut adalah program Bupati dan Wakil Bupati untuk para santri/wati agar terjaga dari kesehatan.

“Mesin air minum itu mampu mencapai 4 s/d 9 PH, sedangkan air yang layak diminum secara ilmu kesehatan hanya 0 s/d 4 PH,dengan sterilnya air minum para Santri/wati, tentu akan terhindar dari sakit diare,” sebutnya.

Kata Samri, mesin air minum hexagonal itu dapat dijadikan,dan Program ini belum pernah dilakukan oleh daerah lain dari 23 Kabupaten di Aceh.

“Perlu diketahui, UPTD Dayah Agara pada tahun 2019 lalu juga mengadakan Festival Kreasi Santri dengan hadiah Umroh bagi juara 1,di bidang Tahfiz dan Kiratul Qutup,dan hasilnya juga sangat memuaskan rekor baru diseluruh Aceh,” ucap Samri.

Sementara, Wakil Bupati Agara Bukhari menyampaikan dalam pidatonya, bantuan Depot Air minum ini merupakan Visi dan Misinya sewaktu mencalonkan dulu, dan bantuan ini mungkin masih jauh apa yang diharapkan.

“Bantuan ini jangan dilihat dari nilai, tapi mari sama-sama kita memanfaatkan, serta dijaga dan dirawat sebaik-baiknya,” kata Bukhari.

“Bagi Pasantren (Dayah) yang belum mendapatkan Depot Air Minum ini, kiranya harap bersabar, sebab kami sudah perintahkan UPTD Dayah, agar anggaran tahun berikutnya,” pungkas Bukhari. (Basri)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics