Wali Murid Kesal, Diduga Guru SD Negeri Kisam Agara Tinggalkan Murid Saat Pelajaran

0
804
Foto : Tampak dari depan SDN Kisam. (Basri).

KUTACANE, BMonline – Kedisiplinan tenaga pengajar guru sertifikasi di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kisam, Kecamatan Lawe Sumur, Aceh Tenggara (Agara), kini menjadi sorotan oleh para wali murid. Pasalnya, guru pengajar sekolah itu kebanyakan tidak berada di tempat, sehingga siswa-siswi berkeliaran pada saat jam belajar.

Menurut penuturan salah satu wali murid pada wartawan yang enggan disebut namanya, mengatakan, hal ini memang menyebabkan sebagaian wali murid merasa kesal dengan kinerja guru tersebut.

“Kami kesal melihat adanya, murid yang ditinggalkan begitu saja saat dalam pelajaran sekolah, seharusnya mereka tau kewajiban mereka sebagai pengajar,” ucapnya.

Hendra Sumardi Desky, S.Pdi, yang menjabat Kepala Sekolah SDN Kisam, menanggapi, selama ini kehadiran tenaga pengajar disekolah memang sangat disiplin, tetapi jika saat jam belajar dan mengajar mereka meninggalkan muridnya, kemungkinan ada hal yang lebih mendesak.

“Kalau ada kegiatan pengajar diluar pada saat jam sekolah, itu diluar sepengetahuan saya, mungkin dikarenakan ada hal yang sangat mendesak,” kata Hendra.

“Tadi saya sedang menghadiri rapat Kepala Sekolah di gedung P3D setempat, saya juga tergesa-gesa datang kesini setelah mendapatkan telpon dari salah satu guru yang mengatakan, bahwa pihak media sedang berada di wilayah Sekolah, nanti akan segera kita berikan teguran,” imbuhnya.

Lanjutnya, pihaknya selalu mengutamakan kedisiplinan dalam hal untuk mengajar, terlebih ASN Guru disini yang sejumlah hanya Sembilan (9) Guru  semuanya bersertifikasi, tentu lebih mengutamakan kedisiplinan sebagai pengajar.

Namu perlu untuk diketahui, Kata Hendra, tenaga pengajar disini rata-rata berdomisili di sekitaran Sekolah, mungkin itu yang jadi faktor penilaian wali murid terhadap kurang disiplinnya. “Pada hal kami tetap Aktif selagi jam belajar dan mengajar,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Agara, Bakri Saputra, Spd, Msi, mengatakan, kedisiplinan tenaga pengajar SD Negeri Kisam, sebelumnya sudah memberikan Surat Kontrak Kedisiplinan terhadap sejumlah guru sertifikasi di Sekolah tersebut. 

“Namun bila hal ini terus mencuat, kita akan memanggil lagi pihak guru di Sekolah itu, karena mereka berstatus dalam tahapan pembinaan oleh UPTD Pengawasan melalui Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agara,” tandas Bakri.

Dari hasil pantauan wartawan dilapangan, proses jam belajar dan mengajar pada pukul 11.30 WIB, terlihat sepi sekolah itu. Bahkan, sebagian tenaga pengajar tidak berada ditempat. (Basri)

Penulis : Basri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here