Wanita Lansia Subulussalam, Dambakan Rumah Layak Huni

0
148

Subulussalam, beritamerdekaonline.com – Seorang wanita Lanjut Usia (Lansia) bernama Rusmini Lingga (50) berstatus Janda di desa Sikelondang kecamatan Simpang Kiri kota Subulussalam sangat mendambakan rumah layak huni. Karena rumah yang di huninya saat ini sangat memperihatinkan.

Rabu (21/07), wartawan beritamerdekaonline.com menyambangi rumah nenek yang sendirian satu rumah itu ber-ukuran Empat kali Lima meter; berdindingkan kayu mulai rapuh dan penuh dengan lobang lobang di sela sela dindingnya. Di dalam rumahnya itu juga di jadikan sebagai dapur serta tidak memiliki kamar tidur dan kamar mandi.

Menurut Rusmini, selama ini dirinya merasa bosan dan sedikit kesal akibat sering kena PHP (Pemberi Harapan Palsu) oleh orang yang hanya bisa membuat janji akan di berikan bantuan rumah tetapi tidak pernah di tepati.

“Sudah sangat bosan saya dengan “PHP” (Pemberi Harapan Palsu). Hampir satu goni kertas di minta orang itu. Ada yamg minta Poto copy KTP, minta poto copy Kartu Keluarga (KK), suruh ajukan proposal. Apa lagi mau pemilihan sering saya di datangi, tapi gak ada hasilnya” ungkap Rusmini.

Yang paling menyedihkan, lanjut Rusmini, ketika hujan agak deras, lantai rumahnya selalu di genangi air sedalam mata kaki akibat lantai rumahnya terlalu rendah. sedangkan pondasi lantai rumah tetangga kiri dan kanan sudah tinggi tinggi.

Pun demikian, kata dia, jika dirinya mendapat perhatian atau bantuan dari pemerintah, dia berkeinginan akan meninggikan pondasi lantai rumahnya, namun sayangnya iya tidak pernah mendapatkan bantuan yang bisa memperbaiki rumahnya itu.

“Asal cuaca mulai mendung, saya harus gulung tikar dan memindahkan barang barang ke tempat lebih aman. Karena jika hujan agak deras, di pastikan air akan masuk ke dalam rumah saya” uangkap nenek kurang mampu ini.

Kepala desa Sikelondang Amirudin Berutu di konfirmasi beritamerdekaonline.com via telepon seluler Kamis (22/07), membenarkan, rumah Rusmini Lingga itu benar benar memperihatinkan dan sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah.

“Bettul, apa yang menjadi keluhan nenek Rusmini Lingga tentang kondisi rumahnya itu benar apa adanya, dan saya sudah teken proposal permohonannya beberapa hari lalu” sebut Amirudin.

Amirudin menambahkan, selain Rumah Rusmini Lingga, di desa Sikelondang ada sekitar Lima rumah yang memang sangat memperihatinkan. Bahkan, tambah Amirudin, selama Tiga tahun ini sering sekali orang datang melakikan survey, tetapi sampai saat ini belum ada terealisasi.

“Harapan saya kepada pemerintah pusat, Provinsi dan Daerah kiranya memberikan perhatian serius terhadap rumah warganya itu yang benar benar sudah tidak layak di huni lagi” harap Amirudin. (Pundeh)

"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here