banner 1028x90

Presiden Minta Pembangunan Nasional Dituntaskan 2024

JAKARTA, BERITAMERDEKAONLINE.COM  Presiden Joko Widodo menyampaikan, pembangunan nasional harus dimaksimalkan dan dituntaskan di tahun 2024. Ia ingin pembangunan menggunakan anggaran 2024 yang sudah disahkan sejak Oktober lalu.

“2024 tahun terakhir pemerintahan periode ini, sehingga saya pesan agar anggaran dioptimalkan. Tuntaskan agenda pembangunan yang belum selesai, yang sudah direncanakan tapi belum bisa dituntaskan,” kata Presiden saat menyerahkan DIPA 2024 di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

Ditekankannya, optimalisasi pembangunan dilakukan untuk memperkuat fondasi bagi pemerintah yang akan datang. “Saya rasa itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini,” ujarnya.

Penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) di Istana Negara kali ini menjadi berbeda. Para penerima anggaran, Kementerian/Lembaga menerima DIPA secara digital.

“Sudah tidak ada penyerahan lagi kayak dulu-dulu, diserahin diserahin nanti semuanya proses sudah digital. Sehingga yang hadir di sini tidak saya serahkan satu buku,” ucapnya.

DIPA kali ini juga menjadi yang terakhir disusun oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri mengatakan, APBN tentu akan mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“APBN akan terus mendukung tranformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk menuju Indonesia Maju. Caranya terus membangun fondasi kualitas SDM, infrastruktur, dan mendukung reformasi lainnya,” kata Sri.

Adapun untuk TKD (Tranfer ke Daerah), Menkeu mengalokasikan anggaran senilai Rp857,6 triliun, naik 5,3 persen dari alokasi 2023. Peningkatan TKD tersebut ditujukan untuk mendukung belanja pegawai.

“Penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) daerah. Terutama guru dan tenaga kesehatan,” ujar Sri. (INT)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics