Kembali Gelar Nonton Bareng Timnas U-23, Pemkot Semarang Siapkan Tiga Layar LED Videotron

Suasana nonton bareng Timnas U-23 di halaman Balaikota Semarang beberapa hari lalu. (Ist)

SEMARANG, Berita Merdeka Online – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali menggelar Nonton Bareng (Nobar) pertandingan sepak bola U-23 Piala AFC antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Uzbekistan pada Senin (29/4/2024).

Berbeda dengan sebelumnya, dalam kegiatan nonton bareng di halaman Balai Kota kali ini, Pemerintah Kota Semarang mempersiapkan tiga layar LED Videotron besar berukuran 3×5 meter dan 5×10 meter.

Hal ini disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Minggu (28/4/2024).

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menonton dengan tertib sampai selesai. Melihat dari kegiatan nonton bareng kemarin, kami melakukan evaluasi kekurangan-kekurangan selama kegiatan,” ujar Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu.

“Memang ada beberapa yang mengeluh karena LED-nya cuma satu dan nanti ada penambahan LED tiga agar nontonnya lebih fokus,” tambahnya.

Apalagi, lanjut Mbak Ita, saat nonton bareng Jumat (26/4/2024) lalu, penataan parkir mobil masih jadi evaluasi.

“Kemarin sebagian halaman Balai Kota masih digunakan untuk parkir mobil, sehingga terbatas ruangnya bagi penonton. Untuk sekarang benar-benar tidak boleh parkir di halaman balai kota,” imbuh Mbak Ita.

Tak berhenti di situ, Mbak Ita bahkan meminta izin kepada Bank Jateng untuk menggunakan jalanan atas di Bank Jateng agar penonton bisa lebih banyak.

“Kalau kami hitung, bisa sampai 6.000 penonton, apalagi ditambah penonton yang akan melihat dari jalan yang ada di Bank Jateng,” jelasnya.

Menurutnya, penambahan LED videotron akan ditempatkan di tiga sisi, yakni di depan Gedung Wali Kota Semarang, center atau halaman tengah, dan di depan gedung DPRD Kota Semarang.

“Itu agar orang yang ikut nonton bareng enggak miring dan bisa fokus. Kemarin kan hanya bisa lihat dari jauh, kan kasihan. Sehingga hasil evaluasi akan ada penambahan LED videotron,” sebutnya.

Mbak Ita menyebut, secara teknis nonton bareng kali ini akan sama dengan sebelumnya. Pemkot Semarang tetap menyediakan makanan tampahan serta pembagian door prize.

“Kemarin terpotong waktu pertandingan sebelumnya. Kalau ini kan pertandingan hanya satu. Sehingga bisa bagi door prize lebih banyak. Kami harapkan masyarakat bisa menonton dengan nyaman,” jelasnya.

Dirinya berharap Timnas Indonesia bisa menang dari Uzbekistan di semi-final ini.

“Kita doakan Timnas bisa masuk final dan lolos Olimpiade,” paparnya.

Kebetulan, lanjut Mbak Ita, di Simpang Lima pada tanggal 4 Mei 2024 Pemkot Semarang akan menggelar event Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival.

“Final kan tanggal 3 Mei, Insya-Allah kita harapkan jika Timnas lolos final, sesuai janji saya saat sambutan kemarin, kami siapkan kegiatan nonton bareng di Simpang Lima,” kata dia.

Apalagi, persiapan Semarang Introducing Market dan Semarang Night Carnival, pemkot menyediakan rigging, panggung, dan ada LED videotron yang bisa digunakan untuk nonton bareng.

“Kami harapkan penonton bisa lebih tertata, karena persiapannya masih agak panjang. Pemkot terus berupaya melayani masyarakat untuk bisa lebih nyaman dalam menonton tim kebanggaan kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Semarang, Hernowo Budi menegaskan, persiapan kegiatan nonton bareng sudah dirapatkan dengan tim bersama Wali Kota Semarang.

“Dari hasil evaluasi kegiatan sebelumnya, ternyata penonton dan suporter Timnas yang hadir di Balai Kota Semarang sangat banyak hingga meluber ke Jalan Pemuda. Sehingga kami lakukan evaluasi dengan menambah tiga layar LED Videotron agar masyarakat bisa fokus menonton pertandingan,” ujar Hernowo.

Lebih lanjut, Hernowo menjelaskan jika nonton bareng di Balai Kota Semarang akan dimulai pukul 19.30 WIB. Acara dimulai lebih awal karena ada banyak door prize yang akan dibagikan pada nonton bareng kali ini.

“Sebenarnya door prize kemarin banyak juga yang belum dibagikan kepada masyarakat. Hal ini karena jadwal tiba-tiba berubah lantaran sebelum laga Timnas ada pertandingan Jepang melawan Qatar yang juga disiarkan langsung Balai Kota. Sehingga waktunya sangat terbatas,” kata Hernowo.

Untuk itu, lanjut dia, door prize akan dibagikan kembali dalam nonton bareng Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Balai Kota Semarang pada Senin nanti.

Untuk teknis acara, Hernowo menyebut masih sama seperti kegiatan pada Jumat (26/4/2024) lalu. “Sama seperti sebelumnya, nobar akan dimulai dengan hiburan band dan kuis door prize. Masyarakat bisa menikmati suguhan tampahan menu godogan (rebusan-red),” kata dia.

Terkait perizinan, dirinya menyebut, pemerintah kota sejak awal nonton bareng pada Jumat (26/4/2024) kemarin telah memenuhi perizinan dan lisensi untuk penyelenggaraan kegiatan.

“Tentunya kami sudah mengantongi izin dan lisensi sejak kegiatan nonton bareng pertama. Kami memberi contoh baik, dan tentunya semua sudah sesuai prosedur,” jelasnya.

Hernowo mengimbau masyarakat yang ingin menonton agar menjaga ketertiban dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa dan mengaktifkan flare, dan senjata berbahaya, serta tidak melakukan konvoi menggunakan knalpot brong. (dik)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics