Di Aceh Tengah 4 Anak Meninggal Akibat gg GAPA Misterius

Di Aceh Tengah 4 Anak Meninggal Akibat gg GAPA Misterius

Aceh Tengah, Beritamerdekaonline.com — Kasus kematian akibat gagal ginjal akut progeresef atipikal (gg GAPA) misterius yang terjadi di Aceh Tengah dilaporkan 4 (empat ) anak meninggal dunia.

Ke 4 anak itu berusia dibawah lima tahun beralamat di Kecamatan Kebayakan 2 orang, Kecamatan Rusip satu orang dan Kecamatan Celala satu orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah dr Yunasri M Kes kepada media ini, Senin (23/10/2022).

“Ke 4 anak itu meninggal di Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh setelah dirujuk dari RSUD Datu Beru Takengon,” katanya

Pada saat inii, Pihak Dinkes Aceh Tengah terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan kasus gangguan ginjal akut uang misterius itu.

“Kita terus melakukan pemantauan dan perkembangan apakah ada kasus baru di Aceh Tengah terkait penyakit gangguan ginjal akut misterius,” Jelasnya.

Pihak Dinkes juga, terus memonitor obat-obatan di seluruh Puskesmas, depot obat, apotek dan Rumah Sakit agar tidak menggunakan obat sirup dalam setiap resep yang dikeluarkan begitu juga terhadap masyarakat Aceh Tengah lainnya.

Ka Dinkes Aceh Tengah berharap tidak ada lagi kasus gangguan ginjal akut, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk menangani kasus tersebut.

“Kita akan lakukan edukasi dan informasi kepada masyarakat,” Terangnya.

Dia menambahkan apabila ditemukan gejala-gejala demam, muntah, tidak ada buang air kecil atau sedikit buang air kecil dan diare agar segera bawa ke Fasilitas kesehatan agar cepat dilakukan penanganan atau medis oleh tenaga kesehatan.

“Kita tetap mematuhi Surat Kemenkes RI untuk tidak menggunakan obat sirup,” jelasnya sembari mengatakan belum ada perintah untuk menarik obat tersebut secara resmi. (Man)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics