Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu Pimpin Tahap Awal Seleksi Calon Anggota Polri 2024

Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu Pimpin Tahap Awal Seleksi Calon Anggota Polri 2024

Kepahiang, Berita Merdeka Online – Kapolres Kepahiang Bengkulu, AKBP Eko Munarianto S.I.K., memimpin langsung tahap pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal penerimaan calon Anggota Polri 2024. Kegiatan ini berlangsung di ruang SDM Polres Kepahiang pada tanggal 24 April 2024.

Dalam keterangannya, Kapolres Kepahiang menyatakan bahwa pada tahap Rikmin awal ini, berkas para calon anggota Polri diperiksa oleh panitia Rikmin awal Polres Kepahiang dengan melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) serta Dinas Pendidikan Kabupaten Kepahiang, sementara tim internal berasal dari Polres Kepahiang, termasuk Bagian SDM, Sie Propam, Siwas, dan Si Dokkes.

Kapolres Kepahiang turut meninjau langsung pelaksanaan Rikmin awal, didampingi oleh Wakapolres Kepahiang, Kompol Andi Kadesma S.H., S.I.K., Kabag SDM Polres Kepahiang, Kompol M. Nurda’I S.Pd M.Pd, serta pejabat utama Polres Kepahiang lainnya.

AKBP Eko Munarianto S.I.K. menjelaskan bahwa dalam kegiatan Rikmin awal ini, pemeriksaan dilakukan terhadap berbagai aspek, seperti keabsahan ijazah, standar nilai rapor dan ijazah, keabsahan KTP dan KK, serta akte kelahiran. Selain itu, juga dilakukan penghitungan batas usia minimal dan maksimal, pengecekan domisili, dan pemeriksaan berkas administrasi lainnya.

“Pada tahap ini, selain kelengkapan berkas, petugas juga melakukan pengukuran tinggi dan berat badan masing-masing pendaftar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis). Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, sehingga setiap peserta seleksi dapat mengetahui apakah memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak.

Kapolres Kepahiang juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri, baik itu dari kalangan petugas maupun warga masyarakat.

Bagi para peserta, dia menyarankan untuk mempersiapkan fisik, mental, dan materi dengan baik. Percayakan pada kemampuan diri sendiri & berdo’a kepada Allah S.W.T.

“Dengan belajar yang baik, persiapan fisik dan mental yang matang, serta doa kepada Allah SWT, kita akan melangkah dengan keyakinan yang kuat,” tutup Kapolres Kepahiang. (Sampur)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics