Prajurit Kodam IV/Diponegoro Evakuasi Korban Banjir di Kecamatan Genuk

SEMARANG, Berita Merdeka Online – Dandim 0733/KS, Kolonel Inf Rahmad Saerodin, S.I.P., M.I.Pol., bersama Danramil 06/Genuk, Mayor Inf Rahmatullah AR, S.E. M.M., serta pihak Kepolisian Jateng dan BPBD, turun langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Genuk, Kota Semarang, pada Kamis (14/03/2024).

Akibat cuaca ekstrem belakangan ini, wilayah Semarang dilanda hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Dalam menghadapi situasi ini, Dandim menyampaikan bahwa langkah-langkah telah diambil untuk membantu evakuasi masyarakat dan mengurangi genangan air di pemukiman dan jalan raya.

Tindakan tersebut meliputi penempatan kendaraan truk dan LCR untuk evakuasi masyarakat ke tempat yang lebih aman, koordinasi dengan BNPD terkait pengoperasian pompa portable untuk mengurangi volume air, serta pendirian posko darurat.

“Kami telah menurunkan kendaraan Truk TNI, LCR, dan personel Kodim untuk membantu masyarakat di sini,” ungkap Dandim.

Para Babinsa Kodim 0733/KS bergerak cepat dalam mengevakuasi dokter, perawat, pasien, serta keluarga dari Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Mereka juga mengevakuasi warga yang terjebak banjir dari bawah tol layang Kaligawe ke terminal Terboyo dan sebaliknya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang terus berlanjut, Dandim menyatakan bahwa pihaknya bersama Polda Jateng dan BNPB siap memobilisasi anggota dan peralatan seperti perahu karet untuk evakuasi masyarakat.

“Kami juga akan membantu pengaturan lalu lintas agar tetap lancar meskipun ada genangan banjir,” tambahnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics