Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

Asahan, Beritamerdekaonline.com – Bupati Asahan, H. Surya BSc, memimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan pada Kamis (25/04). Upacara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari berbagai instansi, termasuk perwakilan dari Kepolisian Resort (Kapolres) Asahan, Kodim 0208/AS, Lanal TBA, Kejaksaan Negeri (Kajari) Asahan, Pengadilan Negeri (PN) Kisaran, Asisten, Staff Ahli, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekretaris OPD, Camat, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Asahan.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Bupati Asahan H. Surya BSc, atas nama Menteri Dalam Negeri, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Tema ini dipilih untuk memperkuat komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal, serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Kementerian Dalam Negeri juga berkomitmen untuk memperkuat fungsinya dalam Fasilitasi Produk Hukum Daerah yang difokuskan pada pembangunan ekonomi hijau guna mencapai keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara holistik. Fungsi ini bertujuan untuk memaksimalkan peran Peraturan Daerah yang berfokus pada komoditas dan sektor unggulan yang ramah lingkungan dengan memperhatikan aspek fungsi ekologis, resapan air, ekonomi, sosial budaya, estetika, dan penanggulangan bencana.

Bupati Asahan juga menyampaikan bahwa setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, seperti meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan Fiskal Daerah. Dia juga memberikan apresiasi kepada daerah-daerah otonom yang berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, serta meningkatkan konektivitas dan akses infrastruktur yang baik.

Dengan tema yang diangkat serta komitmen dari berbagai pihak, diharapkan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat implementasi kebijakan otonomi daerah yang berkelanjutan, menjaga lingkungan hidup, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan bagi daerah dan negara secara keseluruhan. (Dodi)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics