Bupati Hamsuardi Dampingi Kapolres AKBP Agung Tribawanto, Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Singgalang

Pasaman Barat (Sumbar), Berita Merdeka Online. Com — Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Polres Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat (Ketupat Singgalang) Rabu (3/4). Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Pasbar AKBP. Agung Tribawanto, S.I.K didampingi Bupati Pasbar Hamsuardi di Halaman Kantor Polres setempat.

Dimulainya Operasi Ketupat Singgalang 2024 itu ditandai dengan pemasangan pita oleh Kapolres Pasaman Barat dan Bupati Hamsuardi kepada perwakilan personel TNI, personel Brimob, personel Sat Lantas, anggota Sat Pol PP serta anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat.

Kapolres Pasaman Barat yang membacakan amanat dari Kapolri Jendaral Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan itu merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

“Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024, akan terjadi peningkatan potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023 yang lalu, untuk itu TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi ‘Ketupat 2024’ selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024,” ungkapnya.

Lanjut ia menjelaskan bahwa dalam operasi itu telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Di samping itu, Bupati Hamsuardi menyebutkan bahwa Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga. Ia menghimbau stakeholder terkait dapat terus bersinergi agar pelaksanaan Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar, aman dan penuh khidmat.(RS/KN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by ExactMetrics